Notis Digital

Jenis Google Ads Buat Bisnismu Dikenal

Google Ads dianggap sebagai salah satu iklan online yang paling efektif dan menjanjikan. Tapi  kamu tau gak, kalo ternyata ada 5 jenis google Ads yang bisa kamu pilih buat bisnismu. Kelima jenis Google Ads ini punya format yang berbeda tergantung tujuannya, loh. Mulai dari meningkatkan penjualan (sales), website traffic, maupun brand awareness. Jadi, sebelum kamu pasang  Ads di Google perlu kamu tau jenis iklan mana yang sesuai dan cocok sama kebutuhan bisnismu.

Simak penjelasan lengkapnaya di bawah ini, ya!

1.     Search Ads

Search ads yaitu iklan yang muncul ketika seseorang melakukan pencarian pake kata kunci (keyword) tertentu lewat mesin pencari, lalu mesin pencari kasih rekomendasi iklan yang sesuai dengan keyword tersebut. Misalnya ketika ada user yang melakukan pencarian dengan kata kunci “digital marketing agency”, maka mesin pencari bakal menampilkan beberapa agensi digital marketing dalam bentuk Google Ads. Iklan ini cocok buat meningkatkan penjualan, traffic website dan leads. Keunggulan dari jenis iklan ini yakni iklan bisa dilihat banyak orang dan kita bisa tentukan target audiens yang lebih spesifik.

2.     Display Ads

Display ads biasanya banyak ditemukan di berbagai situs website dalam bentuk gambar. Jenis iklan ini bisa meningkatkan brand awareness bisnis dan peluang iklan yang di klik juga tinggi. Secara visual, tampilan jenis iklan ini terlihat lebih menarik dibandingkan dengan iklan yang berupa teks. Google biasanya bakal menampilkan display ads di website tertentu berdasarkan berbagai faktor, misalnya keyword, lokasi geografis, atau minat audiens. Google juga bakal tampilin display ads di website yang relevan dengan iklan yang dijalankan.

Baca juga  Perbedaan Mendasar Landing Page vs Website

3.     Shopping Ads

Iklan ini cocok buat bisnis yang biasanya menyediakan banyak informasi produk seperti gambar produk, harga, nama penjual, kelebihan, dan lain sebagainya. Kalo kamu merasa lebih perlu buat iklanin produk daripada brand-mu maka jenis iklan ini sangat tepat, karena shopping ads memang dikhususkan untuk memasarkan produk atau jasa tertentu. Shopping Ads juga bantu bisnismu buat naikin traffic website. Selain itu, jenis iklan ini juga bisa menjangkau lebih banyak leads buat meningkatkan penjualan. Jenis iklan ini bakal menarik banyak keuntungan kalo kamu punya produk yang banyak dicari orang.

4.     Video Ads

Pernahkah kamu lagi memutar video di Youtube, tapi ada iklan yang muncul sebelum video dimulai? Ini adalah salah satu bentuk video ads yang bisa kamu pilih buat bisnismu. Secara umum, jenis google ads yang satu ini juga bisa disebut sebagai Youtube Ads. Jenis iklan ini mempunyai beberapa tipe yang bisa kamu pilih. Ada Skippable in-Stream Ads yang bisa di skip, Discovery Ads yang bakal muncul di halaman hasil pencarian,hingga non-video Ads yang formatnya berupa teks atau gambar. Video Ads bisa digunakan pada berbagai tujuan bisnis, mulai dari meningkatkan brand awareness, product consideration, ningkatin trafik website atau leads.

5.     Google AdMob

AdMob adalah kepanjangan dari Advertising on Mobile, yakni jenis iklan Google yang bantu kamu promosikan produk melalui aplikasi seluler. Dengan jenis iklan ini, banner iklan bisnismu akan muncul di aplikasi seluler yang digunakan pengguna. Jenis Google Ads yang terakhir ini lebih ditujukan pada sebuah bisnis yang memiliki aplikasi. Jadi, kamu bisa mendorong audiens untuk meng-install aplikasimu. Google AdMob ini bersifat multiplatform yang artinya mendukung berbagai sistem seperti Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone.

Baca juga  Content Marketing : Cara Jitu Promosi Digital

Kesimpulan

Kalo kamu seorang pemilik bisnis, dan punya rencana buat bikin iklan Google maka banyak jenis iklan Google yang bisa kamu gunakan buat menunjang upaya promosi produk yang kamu tawarkan. Setiap iklan Google menawarkan format yang berbeda sesuai dengan tujuan yang ingin bisnis kamu capai. Jadi, jangan sampe salah pilih jenis iklan ya, biar promosi produkmu makin maksimal!

Kalo kamu tertarik dengan informasi seputar Digital Marketing, ikutin terus artikel dari Menjadi Pengaruh ya!

Baca Juga :

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X