Notis Digital

Beda Omnichannel dan Multichannel, Jangan Salah Pilih Strategi

Menjadi Pengaruh-Beda Omnichannel dan Multichannel yang wajib diketahui oleh kamu yang sedang belajar lebih jauh tentang digital marketing.

Pada strategi pemasaran, ada dua hal yang sering dipilih oleh masyarakat dalam pemasaran modern, yaitu omnichannel dan multichannel.

Strategi ini bisa digunakan dalam pemasaran untuk produk atau jasa apapun di dunia digital marketing

Bagi beberapa orang, masih banyak yang salah mengartikan antara keduanya. Padahal, dua hal ini punya perbedaan yang cukup signifikan

Pengertian

Omnichannel punya arti sebagai strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan lewat mana saja, seperti email, media sosial, dan pesan instan, dalam satu platform terintegrasi.

Tujuan utama omnichannel adalah memberikan pengalaman yang mulus dan konsisten di seluruh saluran, sehingga pelanggan merasa dihargai dan terhubung dengan brand kamu.

Di sisi lain, multichannel juga memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan lewat mana saja, seperti email, media sosial, dan pesan instan, namun tidak ada integrasi di dalamnya.

Dengan begitu, pelanggan mungkin mengalami perbedaan pengalaman antara satu saluran dan saluran lainnya.

Baca Juga: Cross-Channel Marketing, Strategi Integrasi Online dan Offline

beda Multichannel dan Omnichannel

Ada beberapa beda omnichannel dan multichannel yang bisa terlihat dan ditemukan satu sama lain.

  1. Customer Experience dan Customer Engagement

Multichannel lebih berfokus pada engagement pelanggan, sedangkan omnichannel fokus pada meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Multichannel punya tujuan untuk memiliki saluran penjualan yang banyak agar menjangkau pelanggan yang lebih luas. 

Berbeda dengan multichannel, strategi omnichannel punya tujuan untuk tingkatkan pengalaman pelanggan secara konsisten dan tetap terhubung dengan pelanggan. 

  1. Kualitas dan Kuantitas
Baca juga  Omnichannel, Cara Express Raih Pelanggan Di Berbagai Tempat

Multichannel berfokus pada banyaknya jumlah saluran yang dimiliki,namun tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghubungkan saluran-saluran tersebut. 

Hal ini berarti pelanggan perlu mulai dari awal ketika beralih dari satu saluran ke saluran yang lainnya.

Di sisi lain, omnichannel berikan layanan pelanggan yang terhubung di setiap salurannya yang memudahkan pelanggan memilih dari saluran apa saja yang tersedia, bisa melalui live chat, live video atau yang lainnya. 

  1. Channel Sentris dan Customer Sentris

Perbedaan terakhir adalah omnichannel berfokus pada pelanggan sedangkan multichannel hanya melihat pada saluran penjualan yang dimiliki. 

Dengan banyak saluran penjualan yang dimiliki, maka bisnis yang menggunakan strategi multichannel marketing dapat mempromosikan produk atau jasanya secara maksimal. 

Berbeda dengan omnichannel, strategi ini punya fokus pada pelanggan sebagai tujuan, dengan memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman yang terhubung saat berpindah dari satu saluran ke saluran lainnya. 

Baca Juga: Omnichannel, Cara Express Raih Pelanggan Di Berbagai Tempat

Kesimpulan

Begitulah beda omnichannel dan multichannel yang bisa kamu pelajari.

Kedua strategi tersebut memiliki tujuan dan cara penggunaan yang berbeda, tinggal kamu yang memilih lebih baik menggunakan strategi yang mana yang bisa kembangkan produkmu lebih jauh lagi.

.Kalau penasaran dengan artikel seputar digital marketing lainnya, kamu bisa baca semuanya di sini ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X