Notis Digital

Brand Awareness : Arti, Manfaat, dan contoh

Pernahkah kamu bertanya-tanya fenomena apa yang bikin kamu secara gak langsung mikirin produk indomie tiap kali dapet pertanyaan tentang mie instan?  Kalo bisa jawab pertanyaan di atas, itulah salah satu contoh sederhana dari Brand Awareness. Namun, sebenarnya apa itu brand awareness? Mengapa penting bagi bisnis?

Perusahaan bisa keluarin banyak dana agar merek produk mereka dikenal oleh customer. Bahkan banyak merek yang udah jadi kata kerja dalam kosa kata sehari-hari kita, misalnya “aku udah order ojek”  jadi “aku udah order gojek”. Brand awareness juga ditampilkan melalui warna, simbol, maupun logo yang memicu ingatan seseorang tentang merek pada produk dan jasa tertentu. Contohnya aja ketika kamu lihat laptop dengan logo apel digigit, kamu akan langsung tau apa merek laptop tersebut. Nah, untuk tahu lebih lanjut kita akan bahas arti serta manfaat dari brand awareness bagi bisnis owner.

Pengertian

Sebelum kita bahas lebih dalam tentang Brand Awareness, kita simak dulu pengertian dari Brand itu sendiri ya! Apa sih brand itu? Brand atau Merek adalah suatu nama, istilah, tanda, desain, atau bahkan gabungan dari hal tersebut yang diharapkan bisa mengidentifikasi barang atau jasa yang diproduksi oleh penjual. Sehingga hal ini bisa membuat perbedaan antara produkmu dengan produk milik kompetitor. Sebagai pemilik usaha, perlu banget kita menciptakan citra atau image yang baik dan kuat pada ingatan masyarakat, loh. Harapannya setelah citra dari brand kita terbentuk dan dikenal luas oleh masyarakat, akan jadi faktor yang penentu perilaku dari customer saat pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian.

Secara Istilah, Brand Awareness dapat diartikan sebagai kesadaran merek yakni istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merek dikenal oleh masyarakat.  Secara umum juga diartikan sebagai kemampuan customer buat kenal dan ingat suatu merek hanya dengan melihat aspek tertentu seperti warna, logo, gambar, dan sebagainya yang menggambarkan identitas suatu produk. Hal ini bisa diketahu dari respon yang diberikan oleh customer tiap kali lihat produk yang kamu jual. Kalo customer cenderung mengabaikan produkmu, itu menunjukkan bahwa tingkat brand awareness bisnismu masih rendah. Maka dari itu, membangun brand awareness adalah langkah yang bagus untuk memasarkan produk yang kamu jual.

Baca juga  Email Marketing Untuk Bisnis Online-mu

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa karakteristik produk yang memilki tingkat kesadaran merek yang tinggi adalah sebagai berikut :

  • Produk atau jasa yang kamu jual dibicarakan oleh teman atau masyarakat sekitar.
  • Jika kamu tanya beberapa orang mengenai kategori produk tertentu, mereka mengingat atau menyebutkan nama brand produk yang kamu jual.
  • Produk atau jasa yang kamu jual dibeli dan digunakan banyak orang.

Manfaat Brand Awareness

Brand awareness termasuk salah satu faktor yang mendorong customer ataupun calon customer buat beli produk atau layanan yang kamu jual. Namun, ada beberapa manfaat lainnya, yaitu :

  • Menaikkan tingkat kesadaran masyarakat tentang eksistensi merek

Salah satunya manfaatnya adalah meningkatkan kesadaran dan eksistensi masyarakat tentang brand produk atau jasa yang kamu tawarkan. Melalui kesadaran merek ini, maka kamu bisa meningkatkan kemampuan customer dalam mengenali dan mengingat nama, logo, gambar hingga slogan pada brand kamu. Dengan adanya peningkatan kesadaran itu, customer akan lebih cepat dalam mengambil keputusan untuk beli atau menggunakan produk kamu.

  • Menciptakan Persepsi

Manfaat yang kedua yakni untuk menciptakan persepsi. Kesadaran merek bisa ditingkatkan dengan melakukan berbagai upaya promosi melalui Word of Mouth, iklan, media sosial dan lain sebagainya. Jika berjalan dengan baik, maka bisa ciptakan persepsi positif di benak customer. Persepsi baik ini tentunya harus dijaga oleh kamu selaku pelaku usaha.

  • Menarik Customer Baru

Jika sebuah produk punya kesadaran merek yang cukup baik maka bisa punya peluang lebih tinggi untuk mendatangkan lebih banyak customer baru. Apalagi kalo produk kamu punya kualitas yang bagus dan bisa memenuhi kebutuhan customer.

  • Meningkatkan Penjualan

Fungsi kesadaran merek selanjutnya adalah meningkatkan penjualan. Kalo brand kamu punya branding yang bagus, maka bakal punya peluang tinggi buat meningkatkan penjualan. Meskipun diberlakukan kenaikan harga, kalo customer udah percaya sama brandmu maka customer tetap bakal beli produk kamu.

  • Menciptakan Ekuitas Merek
Baca juga  tips Membuat Layout Website menjadi User Friendly

Semakin tinggi kesadaran merek suatu brand, maka hal itu bisa meningkatkan ekuitas pada brand itu sendiri. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang sadar akan kehadiran brand produk atau jasa maka akan semakin berharga pula brand itu.

Contoh Brand Awareness

Dibawah ini adalah contoh kesadaran merek yang dimiliki oleh Brand terkenal dan jadi Top of Mind di masyarakat :

  • Aqua

Aqua dikenal sebagai merek pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia yang diproduksi oleh PT. AQUA Golden Mississippi sejak tahun 1973 dan termasuk produk air minum dengan penjualan terbesar di Indonesia. Hal ini yang bikin Aqua disalahgunakan untuk menyebut semua produk air minum dalam kemasan. Brand awareness ini bukan hanya terbangun karena perannya sebagai pelopor air minum dalam kemasan aja, tapi juga dari citra dan kualitasnya yang selalu memuaskan konsumen, loh.

  • Burger King

Burger King memakai berbagai promosi kreatif untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu contohnya adalah campaign unhappy meal sebagai bentuk kompetitor langsung kepada McDonalds. Namun, ternyata campaign ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental.

  • Indomie

Indomie adalah merek mi instan populer di Indonesia. Indomie pertama kali diperkenalkan sebagai merek mi instan rasa kaldu ayam yang saat itu sesuai selera lidah masyarakat Indonesia. Brand awareness-nya diciptakan dari inovasi yang tiada henti sehingga bisa mencapai kesuksesan, bahkan jika kamu lihat sampai saat ini banyak sekali varian Indomie bermunculan. Beberapa juga kerap disalahgunakan untuk menggantikan kata “mi instan” karena namanya mudah diingat pelanggan.

Itulah penjelasan tentang apa itu brand awareness, manfaat, dan contohnya. Pada intinya, brand awareness adalah proses ketika merek bisa dikenal oleh customer. Proses ini pun dapat terus ditingkatkan dengan cara-cara yang tepat sampai merek produk bisa lebih dikenal oleh banyak orang dan sukses. Menarik banget ya!

Baca juga  10 Tools SEO Gratis Terbaik untuk Freelancer di 2024

Selain menggunakan strategi brand awareness, kamu juga bisa meningkatkan penjualan bisnismu pake iklan yang memudahkan kamu melakukan pemasaran, loh. Menjadi pengaruh bisa bantu kamu buat setting iklan dan dapetin target market yang potensial!

Ikutin terus artikel kita untuk cari tau informasi seputar digital marketing lainnya ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X