Notis Digital

Cara Mudah Bikin Rencana pemasaran Bisnis Pemula!

Rencana pemasaran atau marketing plan jadi landasan utama pebisnis buat mencapai target-target penjualan di masa depan. Tanpa rencana pemasaran yang matang, sebuah perusahan bakal sulit untuk mencai goals atau tujuan bisnisnya.

Rencana pemasaran atau marketing plan ini biasaya terdiri dari beberapa unsur, salah satunya yaitu tindakan atau rencana apa aja yang dipilih oleh perusahaan untuk mencapai visi perusahaan.

Lalu, bagaimana cara menyusun marketing plan yang baik untuk pebisnis pemula?

Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Cara Menyusun Rencana Pemasaran/ Marketing Plan

Marketing Plan Achievement Strategy

Dalam menyusun marketing plan, kamu harus tau unsur apa aja yang ada di dalamnya. Di bawah ini langkah-langkah sederhana untuk menyusun rencana pemasaran bisnismu.

Pelanggan dan kompetitor jadi dua aspek penting yang harus kamu identifikasi dengan teliti sebagai pebisnis pemula.

Sesuai dengan visi dan misi perusahaanmu, penyusunan rencana pemasaran bisa dimulai dengan tentukan target pasar dari bisnismu.  Kalo ngerasa sulit buat tentuin target pasar dengan cakupan yang luas, kamu bisa mengklasifikasikan target menurut demografi atau hal lain yang berhubungan dengan produk.

Selanjutnya kamu harus cari tahu kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu pelajari dari pesaing, dengan ini kamu juga bisa tentukan dengan jelas USP yang bisa kamu tawarin ke target pasar.

  • Gunakan Metode AIDA

Langkah selanjutnya, kamu bisa menyusun rencana pemasaran pake metode AIDA. Ada beberapa unsur yang kamu harus penuhi yaitu Awareness, Interest, Desire, dan Action. Tim marketing bisa maksimalin perencanaan sesuai 4 unsur itu. Lebih lengkapnya kamu bisa baca di sini.

  • Key Performance Indicator (KPI)
Baca juga  Perbedaan Marketing dan Selling dalam Bisnis

KPI digunakan untuk tau target capaian yang diinginkan. Kamu bisa diskusikan bagaimana perusahaan menentukan keberhasilan rencana pemasaran ini. Metrik ini harus bisa ukur berbagai elemen kampanye untuk tau apakah rencana berjalan dengan baik atau tidak. Misalnya, Target yang ditetapkan adalah 20.000 klik pada website bisnis dalam kurun waktu 1 bulan.

  • Menetapkan Anggaran

Unsur lain yang perlu dipenuhi adalah perencanaan besarnya budget yang akan digunakan, sehingga rencana pemasaran bisa berjalan lancar sesuai dengan tujuan utama yakni menaikkan penjualan. Maka, baiknya tetapkanlah besar budget marketing yang sesuai sama kebutuhan.

  • Susun Daftar Person in Charge

Pemasaran bisnis gak bisa dilakukan sendirian, dalam tim marketingmu baiknya ada beberapa anggota yang menanggung kewajiban masing-masing jobdesk yang ada. Dengan menyusun daftar PIC, bisa jadi solusi agar monitoring rencana pemasaran lebih mudah sehingga gak ada pekerjaan yang terlewat.

Contoh Rencana Pemasaran

Setelah tau tahapan membuat marketing plan, di bawah ini contoh dari marketing plan yang bisa kamu jadiin pelajaran.

Kalo kamu adalah pengusaha yang baru merintis bisnis dan produk yang kamu jual belum banyak diketahui orang dan kemugkinan besar customer belum mengetahui informasi apapun tentang produkmu.

 Maka marketing plan jadi solusi yang bisa dilakukan perusahaan untuk mengenalkan produk ke customer lewat strategi pemasaran yang berfokus pada brand awareness.

Nah, marketing plan yang bisa kamu lakuin secara sederhananya dapat dilihat di bawah ini.

  • Profil Perusahaan : Perusahaan yang memproduksi dan menjual mie instan yang sehat.
  • Visi : Menjadikan mie instan sebagai makanan pengganti nasi yang sehat.
  • Misi : Bekerja sama dengan produsen bahan organik berkualitas untuk menjaga nutrisi dalam mie instan.
  • Target Pasar : Generasi Millenial dan Gen Z
  • Kompetitor : Semua Perusahaan yang memproduksi mie instan.
  • Konten dan Media : Infografis instagram tentang bahan mie instan yang sehat dan organic.
  • Tujuan AIDA : Memunculkan interest customer
  • KPI : target engagement konten sebanyak 500 akun
  • Anggaran : Rp 25.000.000
  • PIC : Tim konten creator dan social media expert

Kesimpulan

Itulan ulasan tentang cara membuat marketing plan beserta contoh yang bisa kamu pelajari untuk diterapkan di bisnismu. Kalo kamu masih bingung mau memakai strategi marketing apa yang akan digunakan untuk pasarkan produkmu, kamu bisa pakai jasa Konsultasi Menjadi Pengaruh.

Baca juga  Organic Traffic VS Paid Traffic

Menjadi pengaruh bisa bantu kamu tentukan strategi pemasaran yang efektif sesuai dengan goals bisnismu. Kamu bisa konsulitasi disini sekarang.

Ikutin terus artikel tentang digital marketing lainnya di Menjadipengaruh.com ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X