Notis Digital

Cara Riset Keyword Paling Jitu Buat Brand-mu

Riset Keyword penting banget diperhatiin saat bikin konten buat website-mu. Tapi, beberapa orang kesusahan buat lakuinnya. Emang sepenting apa sih keyword buat konten website-mu?

Ternyata kemampuan riset keyword ini punya peran yang penting banget dalam pembuatan konten dan marketing digital, loh. Ini dikarenakan penggunaan keyword yang tepat bisa meningkatkan trafik website bisnismu.

Tingginya pengunjung website ini yang bakal bantu penjualan dan omset bisnismu meningkat.

Lalu, apa itu riset keyword? Apa fungsinya? Dan bagaimana cara riset keyword? Kita bakal bahas selengkapnya melalui ulasan di bawah ini!

Apa itu Riset Keyword?

Keyword adalah kata atau frasa yang pengguna internet atau user gunakan buat melakukan pencarian informasi secara online. Mesin pencari seperti google akan menggunakan keyword untuk menandai sebuah halaman website dan kemudian ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian.

Riset keyword sendiri adalah sebuah proses buat menentukan dan menganalisa kata kunci yang akan dimasukkan oleh user ke mesin pencari. Tujuan dari riset ini sebagai penerapan strategi SEO dalam memunculkan website-mu di peringkat teratas pencarian sehingga kamu mendapat traffic yang lebih banyak.

Cara Riset Keyword

Dalam melakukan riset,  ternyata gak semudah yang kita pikirkan. Ini terbukti masih banyak yang kesulitan buat lakuinnya. Dibawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk riset keyword buat website bisnismu.

  1. Kenali Target Pasar

Sebelum kamu cari keyword, pertama kamu harus kenali dan petakan target pasar bisnsmu. Selanjutnya kamu perlu identifikasi niche topik yang berkaitan sama bisnismu. Setelah itu, buatlah daftar tentang topik yang relate sama bisnismu.

Dalam memetakan target audiens, kamu bisa kelompokkan berdasarkan jenis kelamin, usia, minat, hal-hal yang diinginkan maupun dibicarakan audiens.

Baca juga  Brand Ambassador: 9 Peran Vital dalam Strategi Pemasaran Modern

Coba untuk menempatkan diri sebagai audiens buat memperkirakan topik apa yang mereka cari tentang bisnismu.

Cara lain untuk kenali niche market bisnismu adalah dengan gabung di forum online seperti kaskus, kamu bisa temukan pertanyaan atau keluhan dari target pasar kamu.

  • Menentukan Seed Keyword

Setelah menemukan niche topik yang berkaitan sama bisnismu, kamu bisa mulai brainstorming untuk tentukan seed keyword.

Seed keyword cenderung lebih spesifik daripada niche topik. Tapi, kamu gak perlu bingung buat tentuinnya. Kamu bisa pilih ide-ide terkait dengan topik dari website.

Misalnya, kamu punya usaha jual produk perlengkapan barista. Kamu bisa gunakan seed keyword sepert ini :

  • Kopi
  • Cappucino
  • Americano
  • Espresso

Seed keyword gak pelu berhubungan langsung dengan topik buat menargetkan optimasi mesin pencarian website-mu. Ini dikarenakan seed keyword hanya berfungsi sebagai seed atau cikal bakal dari langkah riset kata kunci.

  • Gunakan Keyword Research Tools

Keyword Research Tools bantu kamu untuk temukan kata kunci terkait dari seed keyword yang kamu masukkan. Alat bantu kata kunci ini ada yang tidak berbayar, ada juga yang berbayar.

Contoh salah satu alat bantu yang gratis adalah Google Keyword Planner. Tanpa menggunakan iklan, fitur ini bisa dipakai namun angka hasil pencariannya dalam bentuk rata-rata. Alat lain yang gak kalah canggih buat kamu coba adalah ubersugest dan SEMrush.

Kesimpulan

Itulah cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk memudahkan dalam riset keyword agar konten websitemu punya kata kunci yang efektif untuk bisa masuk ke halaman pertama mesin pencarian. Sehingga bisa bantu meningkatkan kunjungan ke website bisnismu dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan transaksi pembelian produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Baca juga  Perbedaan Mendasar Domain dan Hostinger

Buat kamu yang suka informasi seputar marketing, kamu bisa ikutin terus artikel dari Menjadi Pengaruh dan tunggu kelanjutan artikel lainnya!

Jangan lupa share artikel ini ke partner bisnismu ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X