Notis Digital

Content Marketing : Cara Jitu Promosi Digital

Pernah tau istilah content marketing gak? Mungkin kamu pernah denger tapi bertanya-tanya apa aja sih yang dikerjakan? Skill apa aja emang yang harus dikuasai kalo pengen berkarir di bidang ini? Nah, di sini Menjadi Pengaruh bakal bantu kamu pahami tentang Content Marketing dan apa saja bentuknya. Simak sampai selesai, ya!

Apa Itu Content Marketing?

Content Marketing jadi salah satu strategi marketing dalam bentuk pembuatan dan penyebarluasan konten yang relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Tujuannya buat menarik perhatian audiens pada produk atau jasa yang kita jual. Tapi, strategi ini bukan sekedar bikin konte buat audiens yang haus informasi aja, loh! Content Marketing juga punya tujuan buat membangun hubungan yang kuat sama audiens dalam jangka waktu yang lama. Makanya, konten yang dibuat harus relevan dengan audiens agar muncul perasaan butuh dan rasa punya kedekatan emosi dengan konten yang kita buat. Selain harus kreatif, content marketer juga harus konsisten pada saat melaksanakan strategi ini.

Bentuk Content Marketing

Banyak banget bentuk konten marketing yang bisa kamu lakuin di bisnismu. Di bawah ini contoh bentuk ide konten yang bisa kamu pakai buat bisnismu.

  • Infografik

Infografik jadi tren yang sering dipake sama media buat jadi salah satu teknik merangkum artikel menjadi grafik sederhana. Semakin sederhana grafik maka semakin mudah juga audiens buat memahami. Ini jadi teknik yang ga membosankan karena memadukan gambar dan tulisan dengan to the point.

  • Website atau Blog

Kalo kamu belum punya media buat captain konten marketing bisnismu, website atau blog bisa jadi solusi. Kamu bisa bikin artikel yang sesuai sama target audiensmu. Selain bikin artikel yang sesuai sama audiens, kamu perlu perhatikan juga SEO-nya, ya! Karena SEO yang baik bisa mengundang banyak traffic ke situs atau blogmu. Pastiin juga website atau blogmu enak dilihat dari smartpone, karena mayoritas pengguna internet akses konten lewat smartphone.

  • Podcast
Baca juga  Media Planning: Pengertian, Komponen, dan Proses Lengkap

Podcast lagi hits di Indonesia. Beberapa brand memanfaatkan kesempatan ini buat ciptain brand awareness. Topik podcast bisa disesuaikan sama target audiens yang kamu mau. Audiens bisa nikmati kontenmu di mana saja dan kapan saja atau dilakukan sambil mengerjakan hal lain. Tapi, jangan lupa konten podcast harus selalu relevan sama audiens biar tetap loyal sama produkmu.

  • Video

Video masih jadi bentuk konten yang banyak disukai audiens. Bentuk konten ini dianggap jadi wadah yang efektif buat naikin penjualan bisnismu, terutama di media Youtube.  Hal ini dikarenakan Youtube jadi media yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, konten dalam bentuk video bisa lebih mudah dipahami dan dinikmati. Kamu bisa bikin video-video yang relate dan bermanfaat buat audiens. Jangan sampai video yang kamu bikin hanya mengundang klik karena jual sensasi atau kontroversi aja, ya! Karena ini bisa membahayakan citra brand-mu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat tentang content marketing, mulai dari pengertian sampai bentuk yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya, pemasaran konten yakni proses pembuatan dan penyebaran informasi yang digunakan oleh marketer buat mengundang audiens. Metode ini masih sering dan banyak dipake buat perusahaan besar buat capai bisnis mereka. Strategi ini juga jadi strategi marketing yang paling jitu di era digital.

Nah, selain penjelasan di atas kamu bisa baca informasi lainnya di Menjadipengaruh.com!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X