Notis Digital

Digital Advertising : Ngiklan Jadi Lebih Gampang!

Sebelum masuk era digital, semua pebisnis promosikan produk lewat televisi dan koran. Namun, sekarang semua orang banyak menghabiskan sebagian besar waktunya buat terhubung dengan orang lain, cari informasi, bekerja, bahkan melakukan berbagai kegiatan lainnya lewat internet. Nah, sekarang dengan adanya kemajuan teknologi ini, akhirnya mulai banyak pebisnis yang melakukan digital advertising atau iklan digital di internet.

Buat tau lebih lanjut tentang digital advertising, yuk baca sampai selesai!

Pengertian

Digital Advertising adalah salah satu bentuk pemasaran yang dilakukan pake tekologi digital, seperti internet dan perangkat mobile buat promosiin produk/jasa yang dijual. Lewat digital advertising ini, pengiklan bisa menargetkan audiens dengan lebih spesifik berdasarkan data dan perilaku online dari audines. Dengan kata lain, iklan digital ini adalah bentuk komunikasi dari sebuah perusahaan buat promosiin brand atau produk lewat berbagai saluran digital. Ada banyak jenis digital advertising yang bisa kamu pake, misalnya iklan di website, iklan video, iklan di sosial media, atau iklan lewat email.

Manfaat Digital Advertising

Digital Advertising jadi strategi pemasaran yang makin dikenal dan popular karena bisa kasih manfaat yang sangat signifikan buat bisnis. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui biar bisa tentukan strategi bisnis yang tepat buat bisnismu.

  • Efektif dan Efisien

Adanya iklan digital bisa memberikan efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi dalam hal upaya promosikan produk atau jasa bisnismu. Kalo kamu bisa targetkan konsumen dengan lebih spesifik dan hemat biaya, ini bisa dongkrak bisnismu buat dapetin profit yang lebih tinggi dengan biaya promosi yang lebih rendah. Iklan digital juga bantu meningkatkan jumlah audiens dari produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Baca juga  Jenis Email Marketing Ini Paling Cocok Buat Bisnis-mu

Pada proses pelaksanaan iklan digital, kamu bisa tampilkan iklan produk atau jasa bisnismu di berbagai platform digital yang banyak dipake sama konsumen. Hal ini bisa bantu tingkatkan brand awareness dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa gunakan berbagai bentuk iklan, misalnya video, gambar, atau teks menarik yang bisa curi perhatian konsumen.

  • Lebih Mudah Dilacak dan Diukur

Iklan digital bikin pengiklan jadi lebih mudah buat lacak dan ukur efektivitas dari pemasaran yang sedang dijalankan. Dengan iklan digital, kamu bisa lihat statistik yang akurat terkait jumlah tayangan dari iklan, jumlah klik, konversi, bahkan alur audiens setelah lihat iklan. Nah, data statistik ini yang bisa bantu kamu buat evaluasi kinerja dan promosi sehingga bisa lakukan perbaikan kedepannya.

  • Meningkatkan Konversi

Digital Advertising bisa bantu naikkan tingkat konversi audiens dari prospek jadi pelanggan. Pengiklan bisa pakai teknik marketing digital seperti retargeting atau email marketing untuk menarik kembali audiens yang sebelumnya udah nunjukin minat pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kalo kamu bisa memperluas basis audiens, kamu juga bisa dapat kenaikan penjualan dan optimalkan ROI.

Strategi Digital Advertising

Iklan digital adalah salah satu bentuk strategi marketing yang penting buat dioptimalkan biar bisa tingkatin penjualan kamu. Ada beberapa jenis strategi marketing yang bisa kamu implementasikan di bisnis di bawah ini.

Google Ads adalah platform digital yang paling terkenal dan popular. Lewat Google Ads, kamu bisa tampilkan iklan di hasil pencarian Google dan berbagai situs web yang udah gabung dengan jaringan Google. Pengguna internet bakal terima iklan sesuai sama minat mereka, misalnya kamu lagi promosiin produk kecantikan, alu pengguna yang punya minat dengan kosmetik bakal terima iklan itu.

Baca juga  Sosmed vs Website: Efektif¬†Mana Sih Buat Mulai Bisnis Rumahan?

Media sosial seperti Instagram dan Facebook bisa dipake buat sarana digital advertising juga, loh. Kamu bisa tampilkan iklan di berbagai jenis platform lewat konten gambar, video, atau teks. Data dari pengguna sosial juga bisa dimanfaatin buat targetin iklan ke audiens yang lebih spesifik berdasarkan karakteristik demografi dan perilaku berselancar audiens di internet.

Teknik ini bisa bantu tingkatin visibilitas situs web atau produkmu di mesin pencari seperti Google. Kalo audiens lagi pake kata kunci yang relevan sama produk yang ditawarkan, maka audiens bisa temuukan produkmu apabila ditampilkan di peringkat teratas hasil pencarian di situs web. Dengan cara ini kamu bisa dapetin lebih banyak visitor atau pengunjung.

  • Programmatic Advertising

Programmatic advertising adalah jenis teknologi digital advertising yang digunakan pengiklan untuk membeli iklan secara otomatis dan menargetkan audiens secara lebih spesifik. Saat kamu menggunakan programmatic advertising, kamu bisa tampilkan iklan di berbagai platform digital dengan efektif dan efisien.

  • Email Ads

Email ads juga termasuk cara yang paling efektif buat jangkau target audiens yang udah tertarik sama produk atau jasa yang kamu jual. Marketing lewat email bisa dilakukan dengan kirim pesan komersial. Setiap email yang dikirimkan ke audiens bisa berupa produk, promo, atau event yang lagi dijalankan.

Kesimpulan

Itulah sekilas penjelasan tentang digital advertising yang perlu kamu tau sebagai pebisnis. Digital Advertising adalah salah satu strategi yang tepat buat jangkau lebih banyak konsumen yang sesuai sama bisnismu. Kalo kamu bingung mau tingkatin performa bisnismu, kamu bisa konsultasi lewat layanan Menjadi Pengaruh, ya! Atau bisa langsung hubungi kontak disini.

Buat kamu yang suka informasi seputar marketing, kamu bisa ikutin terus artikel dari Menjadi Pengaruh dan tunggu kelanjutan artikel lainnya!

Baca juga  Traffic di Dunia Marketing Artinya Apa? Berikut Penjelasan serta Jenis-jenisnya

Jangan lupa share artikel ini ke partner bisnismu ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X