Notis Digital

Guerilla Marketing Bikin Usahamu Booming

Kalo bisnismu lagi butuh teknik marketing tapi punya budget yang pas-pas an, guerilla marketing ini bisa jadi solusi terbaik masalahmu. Strategi ini dikenal ampuh dan efektif buat meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnismu tanpa mengganggu audiens. Memanfaatkan media sosial serta pendekatan yang kreatif dan  inovatif, hasil dari marketingnya pun dianggap mengejutkan, loh.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan guerilla marketing? Apa yang bikin strategi ini dibilang efektif? Simak selangkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Guerilla Marketing?

Guerilla Marketing jadi salah satu strategi marketing yang dianggap efektif dan punya peluang besar buat menghasilkan konversi tinggi dibandingkan dengan strategi marketing lainnya. Metode ini pake pendekatan dalam bentuk interaksi non-konvensional ataupun penggunaan elemen surprise untuk mempromosikan produk atau layanan pada customer. Sederhananya adalah konsep dasar iklan yang akan kamu promosikan dibungkus dalam bentuk interaksi yang mengejutkan untuk mengkampanyekan layanan atau produk bisnismu.

Umumnya, perusahaan yang terapin taktik ini sangat berkaitan dengan marketing yang disebarkan lewat viral marketing atau penyebaran informasi dari mulut ke mulut, sehingga bisa jangkau khalayak yang lebih luas. Teknik ini bisa dibilang berbeda dengan teknik marketing konvensional lainnya, karena sangat bergantung pada interaksi berkualitas antara perusahaan dan audiens. Selain itu, pelaksanaan strategi ini juga mengandalkan promotor ahli yang bertanggung jawab buat promosiin produk atau layananmu di lokasi tertentu.

Strategi ini biasanya dilakuin di tempat-tempat umum yang terdapat banyak audiens, misalnya di jalan, konser, acara olahraga, festival, sampai pusat perbelanjaan. Kunci dari strategi marketing ini yakni pemilihan waktu dan tempat yang tepat buat lakuin kampanye agar terhindar dari kemungkinan masalah hukum.

Baca juga  Funneling, Langkah Bisnis Online Sukses

Manfaat Guerilla Marketing

Sebagai strategi marketing yang relatif bisa dijangkau oleh semua kalangan pebisnis, guerilla marketing punya banyak manfaat buat tiap perusahaan. Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapet kalo pake startegi marketing ini.

  • Biaya marketing yang kamu keluarkan lebih rendah karena fokus pada ide dan kreativitas.
  • Produk atau layanan bisnismu punya potensi viral di waktu yang singkat.
  • Kampanye atau iklan yang kamu pasang juga bakal mudal diingat sama banyak orang.
  • Mudah buat kamu bangun citra perusahaan.
  • Jadi lebih dekat dengan audiens.
  • Bisa saring feedback dari audiens secara langsung.
  • Efektif buat meningkatkan customer loyalty.
  • Menghasilkan penjualan dari marketing mulut ke mulut (WoM).

Prinsip Penerapan Guerilla Marketing

Setiap strategi marketing pasti punya prinsip kerja masing-masing. Pada dasarnya, prinsip yang harus dibawa dan dianut di strategi ini adalah pembuatan iklan yang dikemas dalam tampilan kreatif, fresh, dan inovatif. Kreativitas pengiklan sangat dibutuhkan agar strategi ini bisa berjalan dengan baik dan bisa menarik perhatian banyak orang. Pembuat iklan juga harus bisa pahami emosi target customer dan menyajikan kreativitas iklan dengan baik.

Berbicara fakta, sebenarnya guerilla marketing biasanya lebih cocok dilakukan oleh perusahaan yang punya target customer anak muda. Ini dikarenakan kebanyakan mereka menyukai hal-hal yang unik dan tidak biasa. Jadi, kalo diambil benang merahnya ada beberapa prinsip yang dianut pada metode pemasaran ini, yakni :

  • Penuh kejutan, tantangan, atau kontroversi.
  • Perlu imajinas dan tingkat kreativitas yang tinggi.
  • Berlangsung di waktu yang singkat dan di lokasi tertentu.
  • Menggunakan biaya yang relatif murah.
  • Pesan tersampaikan dengan baik.
  • Bersifat menghibur dan memberikan nilai positif pada audiens.
Baca juga  Media Planning: Pengertian, Komponen, dan Proses Lengkap

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat dan padat dari guerilla marketing. Salah satu strategi marketing yang perlu kamu pahami buat bisnismu. Bukan Cuma efektif, taktik ini bisa jadi solusi kalo perusahaan atau bisnismu lagi menghemat budget marketing. Hanya perlu ide, konsep, dan kreativitas serta interaksi yang baik sama audiens, loh.

Kira-kira, ada strategi marketing apa lagi yang pengen kamu pelajari? Ikutin terus artikel dari Menjadipengaruh.com ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X