Notis Digital

Kenali Peran (USP) Unique Selling Preposition di Bisnis, Yuk!

Tau gak, kalo setiap bisnis punya Unique Selling Preposition (USP) yang dipake buat bedain bisnis kita dengan kompetitor.

Lewat USP inilah yang bikin calon customer memilih bisnismu dibandingkan dengan yang lain, sehingga karena ini peran USP penting banget di setiap bisnis.

Namun, banyak juga pebisnis yang belum kenal tentang Unique Selling Preposition sehingga salah buat terapin di bisnisnya. Misalnya Unique Selling Preposition disalahartikan dengan memberi diskon dalam jumlah besar, memberi gift secar cuma-Cuma, dan lain sebagainya.

Buat tau lebih detail tentang USP, Menjadi Pengaruh sajikan penjelasan lengkap di bawah ini!

Apa itu USP?

Unique Selling Preposition adalah salah satu strategi yang dipake untuk membedakan produk dan layanan dari suatu bisnis dengan kompetitor. Unique Selling Preposition dinyatakan lewat banyak elemen tapi mayoritas dalam bentuk kata-kata.

Biasanya Unique Selling Preposition memakai banyak diksi yang cenderung mencolok, mengalami repetisi, dan atraktif sehingga jadi bagian dari praktik main selling buat menarik perhatian audiens.

Sederhananya, USP adalah ciri khas atau keunikan suatu produk yang bikin produk yang kita jual beda dari produk lain. Bisa dibilang USP adalah karakteristik dari produk yang membuat customer lebih mudah buat ingat dan jadi customer loyal kalo menikmati USP yang telah diberikan.

Fungsi USP

Fungsi dari Unique Selling Preposition dalam digital marketing adalah sebagai acuan pesan dalam konten marketing yang memunculkan keunikan produk yang ditawarkan.

Adanya USP bisa bantu audiens buat memahami keunikan dan alasan mengapa produk yang kita tawarkan layak untuk dicoba. Selain itu, audiens jadi bisa bedakan konten dan produkmu dengan kompetitor, karena USP produkmu bisa jawab permasalahan mereka.

Baca juga  Cara Mudah Tentukan USP Buat Bisnismu!

Baca Juga : Call to Value : Yuk Pahami Artinya!

Manfaat USP

Selain digunakan sebagai acuan untuk membuat konten marketing, Unique Selling Preposition juga mempunyai banyak manfaat baik buat brand maupun perusahaan. Adapun manfaat dari penerapan Unique Selling Preposition antara lain :

  • Strategi USP mampu menjadi identitas dari produk atau brand sehingga terlihat berbeda dengan yang lain.
  • Menanamkan value produk yang kuat dalam benak konsumen sehingga audiens mudah ingat dengan manfaat atau value yang diberikan sama produkmu
  • Meningkatkan potensi terjadinya pembelian produk, hal ini dikarenakan orang cenderung membeli barang yang udah diketahui value-nya daripada produk yang tidak diketahui sama sekali.
  • Meningkatkan loyalitas customer, biasanya customer yang udah pernah pake produk atau layananmu dan merasa cocok pasti akan sulit untuk berpindah ke lain produk atau layanan.

Kesimpulan

Suatu produk bisa dikatakan sukses ketika bisa tawarkan sesuatu yang istimewa atau unik. Hal ini lebih bisa memberikan kepuasan pada pelanggan dibandingkan dengan produk serupa dari kompetitor. Adanya Unique Selling Preposition jadi cara yang efektif buat bikin bisnismu menonjol. Kalo kamu berhasil bikin Unique Selling Preposition dari produkmu, customer auto jadi loyal.

Itulah penjelasan singkat dan padat dari pentignya peran Unique Selling Preposition dalam bisnis. Kira-kira, ada strategi marketing lain yang mau kamu pelajari lagi? Ikutin terus artikel dari Menjadipengeruh.com ya!

Baca Juga : Digital Advertising : Ngiklan Jadi Gampang!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X