Notis Digital

Marketing Plan : Wajib Baca Buat Pebisnis Pemula!

Marketing plan adalah salah satu hal penting yang perlu kamu pelajari sebelum memulai bisnismu sendiri. Pemasaran yang sukses perlu dilakukan secara terstruktur agar lebih efektif dan memberikan keuntungan besar buat bisnismu.

Tapi, masih banyak yang tertukar antara marketing plan sama marketing strategi. Apasih bedanya?

Strategi marketing adalah penjelasan tentang target bisnis yang dimiliki suatu perusahaan dan erat kaitannya dengan nilai dan tujuan dari sebuah bisnis dijalankan. Sedangkan marketing plan adalah rencana pemasaran, singkatnya marketing plan adalah penerapan dari marketing strategi perusahaan yang terdiri dari banyak cara untuk mencapai target dalam sebuah bisnis.

Nah, kalo kamu masih asing dengan istilah marketing pla, ikuti terus penjelasannya di bawah ini ya!

Apa itu Marketing Plan?

Marketing Plan atau rencana pemasaran adalah panduan yang menggambarkan upaya-upaya pemasaran suatu perusahaan yang disusun untuk mencapai tujuan atau target dalam periode tertentu. Rencana pemasaran ini berisi informasi penting guna mengubah pembeli potensial menjadi loyal customer.

Pada dasarnya, prinsip dari rencana pemasaran sebuah bisnis semuanya sama namun selalu berbeda dalam penerapannya antara bisnis yang satu dengan yang lain. Bahkan dalam dua bisnis yang berbeda bidang pun tidak bisa memakai marketing plan yang sama.

Penerapan rencana pemasaran ini harus sesuai sama kondisi bisnis masing-masing produk baik secara eksternal maupun internal.

Baca Juga : Kenali Peran (USP) Unique Selling Preposition di Bisnis, Yuk!

Pentingnya Marketing Plan

Pada awal paragraf telah dijelaskan bahwa rencana pemasaran penting dipelajari dalam sebuah bisnis. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bikin rencana pemasaran dianggap sangat penting.

  • Mempermudah dalam Penyusunan Strategi
Baca juga  Jenis Email Marketing Ini Paling Cocok Buat Bisnis-mu

Bisnis bakal berjalan tanpa arah kalo gak dibuat perencanaan sejak awal. Rencana pemasaran akan sangat membantu bisnismu dalam menentukan tindakan apa yang harus dilakukan  secepatnya, mana yang bisa ditunda, dan langkah seperti apa yang harus dihindari.

  • Sebagai Pedoman Dalam Evaluasi Kinerja

Evaluasi kerja sifatnya penting dalam suatu bisnis. Tujuannya adalah biar tindakan yang telah dilakukan dapat diukur keberhasilannya. Rencana pemasaran berguna sebagai target atau acuan ketika evaluasi dilakukan.

  • Mempersiapkan Bisnis Agar Mengikuti Perubahan

Tantangan dan rintangan dalam sebuah bisnis selalu dijumpai. Nah, dalam menghadapi rintangan terkadang kita perlu melakukan perubahan rencana di tengah jalan. Adanya rencana pemasaran sangat membantu sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan langkah atau strategi berikutnya yang akan dilakukan.

Kesimpulan

Marketing plan merupakan aspek penting dalam menjalakan proses pemasaran. Dalam penerapannya, proses marketing membutuhkan rencana yang dapat dijadikan sebagai pegangan atau acuan untuk mengeksekusi strategi yang udah dibuat. Adanya rencana pemasaran, target dan tujuan perusahaan dapat dicapai dengan hasil yang maksimal dan terarah, loh.

Buat kamu yang suka informasi seputar marketing, kamu bisa ikutin terus artikel dari Menjadi Pengaruh dan tunggu kelanjutan artikel lainnya!

Jangan lupa share artikel ini ke partner bisnismu ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X