Notis Digital

Omnichannel, Cara Express Raih Pelanggan Di Berbagai Tempat

Menjadi Pengaruh-Omnichannel punya pengertian sebagai strategi buat tingkatkan pengalaman pelanggan di berbagai saluran media komunikasi.

Lebih simpelnya, omnichannel adalah penggabungan dari beberapa saluran atau channel yang saling terintegrasi dalam satu kesatuan sistem.

Dengan begitu, saluran yang berbeda bisa bekerja sama sehingga memudahkan pelanggan untuk cari informasi terkait hal yang mereka butuhkan.

Kehadiran omnichannel berikan pengalaman terbaik buat pelanggan karena dengan memakai saluran yang mana pun, kebutuhan pelanggan tetap terpenuhi dengan cara yang seragam dan fleksibel.

Ingin tahu lebih lanjut tentang omnichannel? Langsung aja kita bahas di bawah!

Jenis-Jenis Omnichannel

Omnichannel punya beberapa jenis yang perlu kamu ketahui dan kenali.

  1. Omnichannel Sosial Media

Omnichannel ini libatkan penggunaan media sosial dalam berbagai aspek bisnis.

Jenis ini juga mencakup integrasi strategi media sosial dengan penjualan, layanan pelanggan, dan pemasaran untuk memberikan pengalaman terbaik di berbagai platform sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. 

Dengan ini, pelanggan dapat berinteraksi, berbelanja, dan berbagi pengalaman dengan perusahaan di platform yang paling nyaman bagi mereka, memperkuat keterlibatan, memperluas jangkauan, dan membangun hubungan yang efektif.”

  1. Omnichannel E-Commerce

Jenis ini adalah omnichannel yang pendekatannya diadopsi oleh sistem e-commerce untuk menyediakan kemudahan berbelanja dan akses informasi produk kepada pelanggan. 

Oleh karena itu, jenis ini dapat secara signifikan meningkatkan penjualan bisnis saat digunakan secara konsisten. 

Pendekatan ini berfokus pada transaksi e-commerce seperti penjualan online, pembayaran, dan pengiriman barang,yang libatkan toko dan pasar online, serta aplikasi mobile.

  1. Omnichanell Call Center

Kategori terakhir adalah call center, di mana sebuah lembaga layanan telepon menggunakan strategi omnichannel untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Baca juga  Pentingnya urchin tracking module untuk konversi websitemu

Melalui pendekatan omnichannel ini, pusat panggilan dapat menyajikan pengalaman yang unggul bagi pelanggan, yang pada gilirannya akan meningkatkan pelayanan dan penjualan bisnis.

Dengan sistem ini, setiap interaksi antara agen dan pelanggan dapat direkam, memungkinkan evaluasi yang lebih baik guna meningkatkan pelayanan.

Baca Juga: Cross-Channel Marketing, Strategi Integrasi Online dan Offline

Manfaat

Terdapat beberapa manfaat jika kamu mulai memakai fitur omnichannel.

  1. Kemudahan dan Keterjangkauan

Dengan strategi ini, pelanggan bisa pilih kemudahan dan keterjangkauan untuk berbelanja atau berinteraksi dengan merek kamu di saluran mana pun yang mereka pilih. 

Pelanggan dapat mulai menelusuri produk secara daring, melanjutkan ke toko fisik, dan kemudian selesaikan pembelian mereka secara online atau sebaliknya. 

Hal ini bisa berikan fleksibilitas kepada pelanggan dan tingkatkan aksesibilitas produk atau layanan kamu.

  1. Konsistensi Pengalaman 

Dalam strategi ini, pengalaman pelanggan di seluruh saluran memiliki kesetaraan. 

Oleh karena itu, apa pun saluran yang pelanggan gunakan, mereka akan merasa berinteraksi dengan merek yang sama dengan pesan, dan kualitas yang konsisten. 

Konsistensi ini ciptakan rasa percaya diri dan kenyamanan bagi pelanggan.

  1. Optimalisasi Operasional

Dengan integrasikan semua saluran, kamu bisa optimalkan operasi bisnis dengan lebih efisien. 

Sebagai contoh, kamu dapat mengelola persediaan secara lebih tepat, mengkoordinasikan proses pesanan, dan mengurangi biaya logistik. 

Hal ini dapat menghasilkan penghematan yang signifikan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Scarcity Marketing, Strategi Bikin Pelanggan Bergegas Checkout

Kesimpulan

Begitulah pemahaman mengenai Omnichannel

Sistem ini adalah sebuah strategi yang bisa tingkatkan penjualan dan bantu kamu jadi lebih produktif dalam menjalankan bisnis karena semuanya telah terintegrasi dan menjadi mudah untuk mengawasinya.

Omnichannel menjadi salah satu strategi pada dunia digital marketing. Karena itu, jika kamu penasaran tentang bagaimana tips trik serta informasi lainnya yang berhubungan dengan digital marketing, kamu bisa baca artikelnya di sini!

Baca juga  Definisi Konsep Pemasaran, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan serta Contohnya
Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X