Notis Digital

Optimasi SEO Penting Buat Bisnis Online-mu

Optimasi SEO adalah salah satu strategi marketing yang bantu bisnismu bisa bertahan di era digital. Bisnis online sendiri adalah bagian dari strategi marketing yang banyak dilakukan karena kemudahannya. Bisnis online jadi pilihan utama buat pelaku bisnis yang punya modal minim. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan toko online melalui website yang diatur sedemikian rupa.

Meskipun terlihat mudah, realitanya banyak pelaku bisnis online yang tidak berhasil dalam mengembangkan usahanya. Sebagai pelaku usaha, kamu harus menguasai teknik marketing,  salah satunya adalah teknik mengoptimasi website terhadap mesin pencari yaitu SEO. Apakah kamu paham apa itu SEO? Jika belum, simak artikel di bawah ini ya!

Pengertian SEO

SEO memiliki kepanjangan Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari. Di dunia bisnis online, SEO jadi teknik yang bisa bantu maksimalkan kata kunci yang terhubung dengan produk jualanmu. Kata kunci inilah yang nanti bisa mengundang banyak pelanggan masuk ke website jualanmu.

Misalnya pada bisnis yang kamu kelola memakai kata kunci “Jual Tas Murah” di website. Ketika ada pengguna internet yang mencari dengan kata kunci “Tas Murah” di google, maka ia akan menemukan website toko online-mu di halaman google. Dari sinilah datangnya potensi penjualan, apabila pengguna itu tertarik pada produkmu maka akan terjadi transaksi jual beli.

Pentingnya Optimasi SEO

Website yang dikelola tanpa memperhatikan SEO, bikin kita kehilangan peluang untuk dapat trafik gratis dari mesin pencari. Penerapan optimasi SEO bisa bantu website kita untuk dinilai positif oleh mesin pencari dan pembaca, sehingga memiliki peluang besar untuk dapetin trafik yang lebih banyak. Dibawah ini alasan pentingnya SEO buat diterapkan di bisnis online kita.

Baca juga  Digital Advertising : Ngiklan Jadi Lebih Gampang!

Kesadaran akan brand bisnismu bisa meningkat kalo lakukan optimasi SEO. Hal ini dikarenakan Website kita akan memiliki peluang tinggi untuk muncul di halaman pertama mesin pencari/google. Harapannya brand bisnis kita akan lebih mudah dikenal oleh calon customer

  • Mendatangkan Lebih Banyak Leads

91,5% trafik didapatkan dari peringkat di halaman pertama Google. Dengan melakukan optimasi SEO, maka website bisnismu punya peluang untuk muncul di halaman pertama Google. Hal ini bisa bantu pengunjung website punya peluang tinggi buat jadi leads.

  • Trafik Lebih Stabil Dalam Jangka Panjang

SEO termasuk dalam strategi marketing organik. Sehingga, mampu memberikan trafik yang lebih stabil dalam jangka waktu yang panjang dibandingkan dengan trafik berbayar. Namun, memangpada awal optimasi membutuhkan waktu yang lama untuk membangun SEO agar hasil nya terlihat.

  • Membantu Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Optimasi SEO bisa bantu kamu lakukan evaluasi perkembangan SEO dengan tools yang tersedia di google. Adanya evaluasi, kamu akan dapat data jumlah pengunjung website, aktivitas pengunjung, link atau CTA yang dapat banyak klik, dan lain sebagainya. Data ini bisa kamu gunakan buat kembangin dan atur strategi bisnismu selanjutnya.

Kesimpulan

Itulah alasan pentingnya SEO dalam bisnis online. Optimasi SEO bisa bantu menaikkan brand awareness sampai bantu kembangin bisnismu agar lebih luas lagi. Meskipun pada praktiknya optimasi SEO membutuhkan waktu yang lama, namun hasil yang akan didapat layak dengan usaha yang sebelumnya kamu lakukan.

Kalo kamu tertarik dengan artikel digital marketing lainnya, kamu juga bisa baca :

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X