Notis Digital

Pentingnya Follow Up Dalam Bisnis

Setiap pebisnis punya cara sendiri supaya menghasilkan penjualan yang tinggi. Salah satunya adalah dengan follow up customer. Pada konteks bisnis online, follow up jadi ujung tombak kedua setelah iklan dan konten, loh. Hal ini dikarenakan follow up memiliki sifat terhubung langsung dengan customer sama halnya seperti iklan dan konten. Bedanya, follow up adalah komunikasi dua arah sedang iklan dan konten lebih cenderung ke komunikasi satu arah. Meskipun begitu komunikasi inilah yang akan menentukan terjadinya closing (seseorang customer jadi beli atau tidak produkmu). Agar bisnis kita tetap kompetitif sekaligus bisa menarik customer, follow up adalah salah satu cara buat mencapai hal itu. Jika  follow up dilakukan secara konsisten pada bisnismu, ini bisa membawa bisnismu semakin berkembang dan bisa ningkatin repeat order customer secara maksimal, loh.

Lalu, gimana sih strategi follow up customer yang efektif? Apa yang membuat follow up bisa jadi alternatif agar customer bisa close deal? Untuk mengetahui itu, yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Apasih Follow Up Itu?

Secara umum follow up adalah upaya perusahaan atau pengusaha untuk melakukan promosi atau memperkenalkan produk kepada customer. Istilah follow up sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti tindak lanjut atau menindaklanjuti. Dengan kata lain, follow up adalah tindakan merespons calon customer agar kemudian bisa bersinergi dengan usaha yang sedang kamu jalankan.

Follow up dapat dijadikan sebagai media untuk memonitor perkembangan suatu usaha atau perusahaan sekaligus memastikan pemasaran berada pada strategi yang tepat. Pada dasarnya, kegiatan follow up bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari mengirim email hingga melalui pesan di media sosial. Hal ini dilakukan agar customer mau memberikan tanggapan terhadap produk kamu. Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk memancing respon customer & mengingatkan pada customer terkait produk yang kamu jual.

Baca juga  6 Kesalahan Membuat Landing Page

Tindakan ini harus dilakukan secara konsisten, mengapa? hal ini dikarenakan di dunia bisnis, follow up diperlukan agar penjualan dapat mencapai target dan tepat sasaran. Melalui cara itu, bisa membantu perusahaan untuk membangun hubungan dengan customer sehingga perusahaan bisa memastikan mereka tau mengenai bisnismu.

Alasan Bisnis Perlu Follow Up

Jika diambil benang merah, perusahaan yang tidak melakukan tindak lanjut pada customer memiliki peluang lebih besar untuk mengalami penurunan penjualan atau bahkan kalah dengan kompetitor lain. Maka dari itu, inilah alasan pentingnya melakukan follow up dalam dunia bisnis :

  1. Tindak lanjut yang dilakukan rutin dan konsisten dapat membuat calon customer memutuskan untuk beli produk/ layanan bisnismu
  2. Penggunaan sistem follow up bisa menggerakkan prospek dan customer secara maksimal
  3. Dengan kemajuan teknologi dan informasi, kegiatan tindak lanjut ini lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu
  4. Proses tindak lanjut yang dilakukan secara konsisten akan membuat bisnismu selangkah lebih maju daripada kompetitor
  5. Jika proses ini dilakukan dengan benar, maka semakin besar pula peluang bisnis untuk menghasilkan uang.

Strategi Follow up

Melakukan tindak lanjut dalam bisnis perlu strategi agar hasil jadi lebih maksimal. Perlu digarisbawahi bahwa kegiatan tindak lanjut yang dilakukan kepada customer harus jadi komponen prioritas tinggi dalam marketing. Dibawah ini strategi agar follow up kamu efektif :

  • Kirim catatan terimakasih : Beberapa perusahaan mengirim ucapan terimakasih melalui email, namun ada juga pebisnis kecil yang menggunakan thank you card. Apapun yang digunakan, ucapan terimakasih setelah melakukan proses jual beli adalah hal yang penting. Hal ini mempengaruhi experience pelanggan dalam membeli produkmu. Pastikan pesan tersebut berisi cp (contact person) ya!
  • Luangkan waktu untuk follow up : Buatlah jadwal khusus untuk menghubungi customer dalam jangka waktu 1-2 minggu setelah terjadi proses jual beli dengan tujuan untuk tau apakah semuanya berjalan dengan lancar. Apakah mereka puas dengan produknya? Bagaimana layanan yang diterima? Atau pertanyaan lain. Tapi jangan menghubungi terlalu sering ya!
  • Pertahankan komunikasi dengan customer : Maintaining komunikasi dengan customer memiliki tujuan untuk memperbesar kepercayaan antara kamu dan customer. Komunikasi yang dilakukan bisa dalam bentuk layanan call atau live chat untuk konsultasi, memberikan informasi mengenai kebutuhan dan minat customer, atau sekedar tips & trik berupa artikel maupun webinar.
  • Melakukan penjualan kedua : Mempertahankan komunikasi dengan customer adalah kunci untuk penjualan di masa mendatang. dengan melakukan komunikasi, customer bisa bantu kamu buat memahami kebutuhan dan memberi ide pada produk yang anda jual. Dengan adanya hubungan yang harmonis ini akan memunculkan kesempatan untuk melakukan penawaran lebih banyak produk pada customer
  • Mintalah referensi : Ketika customer puas, mereka akan merekomendasikan bisnis kita kepada customer lain. Ketika hal ini terjadi berarti produk/layanan kamu benar-benar memiliki kredibilitas dan kepercayaan yang tinggi sehingga bisa mendatangkan lebih banyak customer.
Baca juga  Key Opinion Leader (KOL): Taktik Branding Masa Kini

Gunakan media yang tepat

Follow up bisa dilakukan melalui media apapun. Berikut beberapa media yang bisa kamu gunakan untuk melakukan follow up :

  • Email : salah satu cara umum yang sering digunakan adalah melalui email. Namun perlu diingat juga kalo frekuensi email juga menentukan berhasil tidaknya proses tindak lanjut customer. Jangan lupa jadwalkan dan lampirkan hyperlink yang merujuk ke situs web bisnis kamu agar customer bisa melihat penawaran yang sedang berlaku.
  • Media Sosial : Platform ini sangat efektif untuk melakukan proses tindak lanjut karena selain melalui pesan, kamu juga bisa melakukan interaksi menggunakan video, foto, sampai kuis atau games. Interaksi ini akan menghasilkan hubungan positif dengan customer.
  • Whatsapp : Apabila sudah menjalin hubungan yang baik dengan customer, maka kamu juga bisa melakukan follow up melalui pesan singkat seperti whatsapp. Hal ini memudahkan kamu dan customer untuk saling berhubungan.

Itulah beberapa ulasan mengenai pentingnya pelaku bisnis melakukan tindak lanjut kepada customer. Jika selama ini usaha yang kamu jalankan sepi, bisa jadi karena kurang memberikan penawaran melalui follow up customer. Semoga sedikit ulasan ini memberikan semangat baru untuk mengembangkan bisnismu ya!

Kalo kamu tertarik dengan informasi tentang digital marketing lainnya, bisa klik disini ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X