Notis Digital

SEO : Kenali Jenis dan Cara Kerjanya

Search Engine Optimization (SEO) bisa dibilang salah satu strategi yang wajib diketahui oleh digital marketer, karena bisa bantu website bisnismu muncul pada hasil pencarian organik google dan dapetin perhatian dari audiens. Bukan itu aja, metode ini juga bisa meningkatkan kualitas dari upaya marketing yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Untungnya lagi, seorang marketer gak perlu keluarin biaya yang banyak kalo mau manfaatin strategi ini. Maka dari itu, saat ini hampir semua perusahaan membuat campaign pakai Search Engine Optimization.

Apa itu Search Engine Optimization ?

SEO atau Search Engine Optimization jadi salah satu praktik optimasi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website di dalam mesin pencarian. Peringkat di website jadi penting karena memberikan pengaruh buat pelanggan dan para prospek buat temuin situs website-mu dengan lebih mudah. Dengan peringkat yang tinggi, awareness dan engagement dari campaign yang dibuat perusahaan juga bakal meningkat dan memberikan efek yang signigikan pada penjualan.

Jenis – jenis SEO

Banyak perusahaan yang masih menggunakan cara ini buat memasarkan produk atau layanan yang mereka tawarkan. Namun, pada praktiknya setiap perusahaan punya preferensi menyesuaikan dengan kondisi perusahaan. Berikut dibawah ini 4 jenis optimasi mesin pencarian yang digunakan dalam sebuah bisnis.

  • On-page SEO

Biasanya dilakukan dengan cara mengoptimalkan konten yang ada di sebuah situs website sebuah perusahaan. Optimalisasi yang bisa dilakukan mencakup keyword, header, meta description, title, featured image dan lain-lain. Cara paling umum dalam pengeksekusian metode ini, dimulai dengan riset keyword, optimasi metadata, dan melakukan internal linking.

  • Off-page SEO
Baca juga   Mengenal AI buat Strategi Marketing Digital

Strategi in mengacu pada proses optimasi elemen yang tidak terdapat di situs website. Jadi, metode ini difokuskan pada proses link building atau praktik membuat situs website terkemuka lain yang kemudian ditautka pada link situs website bisnismu. Cara ini dipercaya bisa mendorong seorang marketer untuk menciptakan eksposur dan kredibilitas yang tinggi buat perusahaan.

  • Technical SEO

Teknik ini mengacu pada tindakan yang membantu mesin pencari merayapi situs website dan meningkatan user experiences (UX). Umumnya, cara kerja dan algoritma mesin pencari selalu berubah dan bersifat kompleks, sehingga proses kerja dari SEO jenis ini juga ikut terus berkembang. Misalnya saja, teknik terbaru yang sedang sering digunakan yakni memastikan bahwa crowlability dan UX situs tetap aman tanpa masalah, perusahaan juga bisa memperbaiki website speed dan mobile friendliness buat terapkan strategi technical SEO ini.

Kategori SEO ini berfokus pada lokasi bisnis dengan tujuan untuk memunculkan dan meningkatkan kehadiran online situs di wilayah bisnisnya dan mempromosikan produk atau layanan pada customer lokal daerah tersebut. Strategi ini biasanya dilakukan dengan memasukkan alamat lengkap, jam operasional, deskripsi bisnis, ulasan, dan foto produk yang berfungsi untuk meningkatkan trust customer. Laman mesin pencarian juga bakal mendeteksi kedekatan, relevansi, dan keunggulan sesuai dengan permintaan visitor untuk ditampilkan di SERP.

Cara Kerja SEO

Salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan adalah Google. Dalam melakukan seleksi situs untuk ditampilkan pada halaman utama google, ada tekik dan algoritma yang berjalan.  Dengan perhitungan yang detail, google bisa menempatkan sebuah situs website pada peringkat atas. Mudahnya, setelah audiens mengetik keyword di google maka akan muncul hasil berupa daftar website dan halaman yang sesuai dengan pencarian. Nah, hasil inilah yang urutannya dapat dipengaruhi oleh optimasi mesin pencari yang telah diolah. Agar website-mu bisa muncul di peringkat atas, tim marketer bisa ikuti cara kerja masing-masing jenis SEO.

  • On-page SEO : berfokus pada optimasi konten website yang dimaksimalkan pada struktur, copy, keyword volume, sampai topic artikel.
  • Off-page SEO : meningkatkan kualitas SEO yang ada di luar SEO. Misalnya jumlah dan kualitas tautan yang berisi link menuju website situs perusahaan.
  • Technical SEO : mengutamakan kerja developer untuk meningkatkan kualitas teknis dari situs website bisnismu. Misalnya kecepatan loading, struktu, dan user expereience website.
  • Local SEO : mengacu pada perbaikan kualitas SEO agar lebih ramah pada komunitas dan lokasi bisnis, misalnya mencantumkan foto produk, alamat lengkap, dan ulasan customer.
Baca juga  Strategi Jitu Closing Sales Tinggi

Kesimpulan

SEO adalah salah satu cara untuk megoptimasi elemen konten dan situs agar website bisnismu bisa muncul di ranking tinggi pada mesin pencarian. Optimasi mesin pencari jadi penting buat pelaku bisnis yang melakukan marketing secara digital. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya perusahaan besar yang menggunakan cara tersebut karena dirasa efektif. Namun, sebelum melakukan penerapanya, kamu perlu pelajari jenis dan cara kerjanya ini dengan seksama.

Kalo kamu mau terapin strategi ini tapi masih belum punya website, jangan khawatir! Menjadi Pengaruh bisa bantu kamu buat bikin website kece buat bisnismu agar banyak dilirik customer. Kamu bisa konsultasi dulu, gratis!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X