Notis Digital

Social Commerce: Cara Berbelanja Era Modern

Menjadi Pengaruh-Social Commerce punya arti sebagai proses jual beli barang dan layanan secara langsung lewat media sosial.

Mulai dari penemuan produk, riset ulasan pelanggan, hingga pembelian barang, semua itu dilakukan langsung di media sosial.

Dengan gunakan sistem end-to-end, pelanggan dapat lakukan transaksi tanpa harus tinggalkan aplikasi dan berpindah platform untuk lakukan pembayaran.

Penasaran mengetahui social commerce lebih lanjut? Langsung kita bahas dibawah.

Alasan Social Commerce Naik Daun

Salah satu alasan bisnis manfaatkan media sosial karena memungkinkan interaksi yang lebih personal dengan konsumen, misal melalui postingan foto, story, atau Direct Message.

Riset menunjukkan bahwa 74% konsumen andalkan media sosial untuk buat keputusan dalam membeli barang yang mereka inginkan.

Dengan adanya interaksi secara langsung, kamu bisa tingkatkan rasa percaya konsumen sehingga mereka jadi lebih yakin untuk membeli produk yang kamu tawarkan pada mereka.

Selain itu, saat ini ulasan atau rekomendasi dari media sosial bisa dikatan sebagai sumber utama untuk pertimbangkan putusan akan membeli atau tidak suatu barang.

Bedah Strategi Iklan Brand Teh Pucuk Harum

Manfaat Social Commerce

Ada beberapa manfaat yang dihadirkan social commerce untuk produk Anda.

  1. Hilangkan Hambatan Belanja

Social commerce hilangkan hambatan dalam perjalanan konsumen, dan bikin lebih mudah untuk riset pasar hingga pembelian.

Jika pelanggan masih harus berpindah platform dari iklan iklan menuju situs web, lalu masih harus tambahkan barang ke keranjang untuk membeli barang, konsumen akan kehilangan perhatian dan akhirnya tidak jadi membeli barang Anda.

Karena itu, hadirnya fitur ini mampu berikan pelanggan pengalaman mulus dalam berbelanja dan produk bisa lebih mudah dicapai oleh konsumen.

  1. Tawarkan Segmentasi Feedback yang Instan
Baca juga  10 Tools SEO Gratis Terbaik untuk Freelancer di 2024

Katalog produk yang Anda miliki akan hadir untuk dilihat dan didiskusikan oleh konsumen yang sudah membeli produkmu.

Dengan begitu, pelanggan bisa langsung memberitahu pada konsumen lain tentang mana porduk yang mereka suka atau tidak suka

  1. Engagement Lebih Banyak

Dengan muncul di feed para para pengikut secara teratur, Anda akan berpartisipasi dalam berikan peluang bagi brand untuk bangun image yang kuat.

Selain itu, manfaat yang paling dirasakan adalah engagement yang diperoleh kapanpun Anda membagikan konten.

Hal ini mendorong Anda untuk terhubung dengan pelanggan melalui komunikasi dua arah, sehingga membuat konsumen sebagai salurab layanan pelanggan yang efisien.

Kesimpulan

Dengan berkembangnya teknologi, cara memasarkan produk juga semakin berkembang, salah satunya lewat social commerce.

Social commerce memiliki fitur yang cukup efektif di mana pelanggan tidak perlu pindah ke platform lain untuk melakukan pembelian.

Dengan fitur yang cukup efektif ini, bikin pelanggan mempertimbangkan untuk beli langsung produk kamu di media sosialmu

Ingin membaca artikel seputar digital marketing lainnya? Kamu bisa langsung baca di sini, ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X