Notis Digital

Social Media Optimization (SMO): Cara Jitu Beriklan di Sosmed

Menjadi Pengaruh-Social Media Optimization atau SMO adalah strategi dalam sosial media marketing supaya konten kamu bisa jangkau audiens secara efektif.

Gak hanya itu, pengoptimalan media sosial juga bertujuan buat tingkatkan performa bisnismu seperti kesadaran produk, menampilkan bisnis pada pada pencarian, hingga naikkan engage.

Dengan begitu, SMO bisa jadi senjata buat sosial media kamu makin dikenal dan makin dekat dengan pengikut

Penasaran bagaimana SMO bisa naikkan Exposure sosial mediamu? Cus kita bahas.

Baca Juga: SEO : Kenali Jenis dan Cara Kerjanya

Manfaat Social Media Optimization

Social Media Optimization punya manfaat yang besar buat kamu yang lagi merintis bisnis baru. Ini beberapa manfaatnya.

  1. Buat Konten Brand Lebih Populer Secara Online

Konten media sosial harus bisa bersaing dengan konten lain yang bersebaran di Internet. Oleh karena itu membutuhkan Social Media Optimization yang bisa dorong konten bisnismu bekerja secara optimal biar terlihat di antara konten lainnya.

  1. Meningkatkan Jangkauan di Media Sosial

Manfaat yang lain adalah tingkatkan jangkauan kontenmu di media sosial. Dengan optimalkan hashtag, waktu posting, dan interaksi dengan audiens, kamu bisa capai lebih banyak orang.

  1. Meningkatkan Tingkat Keterlibatan Anda

SMO juga berdampak pada tingkat keterlibatan atau engagement anda di media sosial. Selain itu, kamu bisa bangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens melalui jawab komentar, adakan polling, atau yang lainnya.

  1. Jual Lebih Banyak Produk melalui Saluran Sosial

Tujuan utama bisnis adalah tingkatin penjualan dan SMO bantu kamu capai tujuan tersebut. Bahkan, dengan meningkatnya Brand Awareness, peluang buat melebarkan promosi brand kamu jadi lebih besar.

Baca juga  Organic Traffic VS Paid Traffic

Baca Juga: Optimasi SEO Penting Buat Bisnis Online-mu

Tips Melakukan SMO

Setelah paham manfaat Social Media Optimization, sekarang kita bahas tentang tips buat lakukan SMO.

  1. Analisis Audiens

Sebelum melangkah lebih jauh, usahakan analisis terlebih dahulu mengenai audiens kamu. Dengan menganalisis audiensmu, kamu jadi bisa tentukan mau fokus berkonten di media sosial mana. 

  1. Lakukan Analisis Kompetitor

Selain analisis audiens, langkah selanjutnya yaitu analisis kompetitor. Dengan menganalisis kompetitor, kamu bisa buat strategi untuk bersaing dengan kompetitormu.

  1. Bangun Strategi Berdasar Hasil Analisis

Setelah analisis audiens dan kompetitor, sekarang waktunya kamu desain strategi SMO. Strategi yang bisa kamu coba adalah optimasi akun, optimasi jadwal upload konten, dan lainnya.

  1. Eksekusi Strategi

Jangan lupa, setelah merencanakan strategi, langsung eksekusi strategi yang sudah dibuat. Gak hanya itu, pantau juga perkembangan dari hasil strategi kamu, apakah sudah memuaskan atau belum.

Kesimpulan

Sekarang anda sudah tahu mengenai apa itu SMO dan manfaatnya. Social Media Optimization punya peran yang gak kalah penting dengan SEO dan SEM. Dengan kamu gabungkan SMO dengan SEO ataupun SEM, hasil dari kontenmu pasti akan lebih banyak mendapatkan audiens baru.

Ingin baca atau mengenal seputar digital marketing? Bisa baca di artikel Menjadi Pengaruh ya! Klik di sini buat langsung baca artikel yang lain.

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X