Notis Digital

Sosmed vs Website: Efektif Mana Sih Buat Mulai Bisnis Rumahan?

Sosmed vs Website jadi dua platform yang banyak dipertimbangkan sama pebisnis buat tingkatin sales. Saat ini, hampir semua aktivitas manusia dilakukan mengikuti kemajuan arus teknologi. Jadi, semua arus informasi yang menunjang kehidupan hampir semuanya diakses melalui platform digital termasuk bisnis.

Dua platform yang udah disebutin di atas punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing, sehingga penting banget buat kalian paham perbedaan keduanya untuk tentukan mana yang terbaik buat bisnis rumahan-mu.

Kebanyakan orang cenderung menggunakan platform sosial media untuk menjalankan bisnis rumahannya. Hal ini mayoritas dikarenakan masih banyak yang belum tau kelebihan dan kekurangan platform lain dalam pasarin bisnisnya, salah satunya yakni website. Namun, apakah sosial media aja cukup efektif untuk bisnis rumahan-mu? Atau bisnis rumahan perlu website juga?

Yuk, simak lebih lanjut jawabannya di bawah ini. Antara sosmed vs website lebih efektif mana sih?

Bangun Bisnis Pake Sosial Media

Sosial Media awalnya cuma dipakai untuk media komunikasi dan bersosialisasi aja. Tapi seiring perkembangan zaman, sosial media juga dipake untuk platform jualan, loh. Gak heran, banyak akun bisnis yang muncul di media sosial, misalnya di instagram dan facebook. Lalu, apa sih yang bikin media sosial ini banyak dipakai sama pebisnis? Ini dia alasannya :

  • Mudah Dikelola dan Digunakan

Cukup dengan update aplikasi buat dapetin pembaruan sistem tanpa harus keluarin biaya maintenance platform. Kamu juga gak butuh waktu lama buat tau cara menggunakan platform sosial media, mulai dari mengatur akun hingga memposting yang hanya dilakukan dengan beberapa klik.

  • Gratis

Kamu bisa daftar dengan menggunakan identitas yang kamu mau, dan akun sudah bisa langsung digunakan. Semua fitur bebas biaya kecuali kamu mau melakukan iklan.

  • Berinteraksi Langsung dengan Calon Customer
Baca juga  Funneling, Langkah Bisnis Online Sukses

Melakukan interaksi secara langsung dengan calon customer di sosial media mudah banget. Kamu bisa langsung balas pesan melalui direct message ataupun membalas pertanyaan lewat kolom komentar.

  • Jangkauan Luas

Salah satu jangkauan yang bisa dinikmati lagi adalah jangkauan yang sangat luas sekali. Dengan jangkauan yang luas ini, kamu bisa manfaatin fitur hashtag buat mempersempit target pasar yang kamu mau.

Selain gratis dan gampang dikelola, sosial media jadi tempat yang efektif dan sangat membantu pebisnis rumahan dan pemula untuk memasarkan produknya. Namun ternyata sosial media juga punya beberapa kelemahan yang perlu kamu ketahui juga nih. Dibawah ini adalah kelemahan dari platform sosial media.

  • Terbatasnya Desain Platform

Dengan sosial media, kamu masih belum bisa mengubah tampilan akun sesuai dengan keinginan brand-mu. Salah satu cara yang bisa kamu lakuin adalah menyesuaikan desain konten bisnismu dengan karakteristik dari bisnis yang dikelola.

  • Tidak Fleksibel

Maksudnya adalah sosial media cuma bisa menjaring calon customer lewat konten aja. Jadi belum bisa menggunakan opsi lain seperti bikin email list dan yang lainnya.

Pentingnya Website Buat Bisnis Pemula

Setelah tau kekurangan sosial media buat bisnis, sebenarnya bisa diatasi dengan mudah sama website loh. Website kasih ruang yang fleksibel buat tampilin karakter bisnismu. Di halaman utama, kamu bisa terapin desain sesuai sama karakteristik brand-mu. Kamu juga bisa pilih komentar positif yang mau kamu tampilin di halaman testimonial.

Website juga bisa digunakan untuk ngenalin bisnis ke target pasar, menampilkan katalog produk, nawarin pendaftaran buat jadi reseller, dan bikin format pemesanan. Semua komponen itu bisa dilakuin di satu platform dengan mudah.

Selain itu, alasan lain yang bisa mendorong pebisnis perlu membangun website yakni :

  • Memudahkan Branding
Baca juga  Website Penting Buat Bisnis Online?

Bangun citra positif brand jadi hal yang penting banget buat bisnismu. Dengan website, pasti akan mempermudah aktifitas branding itu. Salah satu caranya bisa dengan mendeskripsikan brand-mu di halaman “Tentang Kami” atau dengan posting artikel tentang produkmu.

  • Mendukung Aktifitas Marketing

Dengan website, kamu bisa melakukan promosi di banyak tempat. Mulai dari halaman pertama website hingga pada halaman katalog produk, loh.

  • Bebas Tentukan Desain

Kamu juga bisa menyesuaikan desain website dengan karakteristik atau citra bisnismu. Kamu bisa lakuin desain sesuai keinginan-mu tanpa ada batasan apapun.

  • Fungsi Platform Luas

Website juga bisa kamu gunakan dengan memakai banyak halaman. Misalnya saja, halaman pertama perkenalan brand-mu, halaman kedua menampilkan katalog produk, dan lain lain.

Banyak banget kan kelebihan website yang bisa bantu bisnismu dikenal dan naikin omset penjualan. Namun, disisi lain kamu juga harus tau kelemahan dari website, antara lain :

  • Berbayar

Untuk membuat website, kamu perlu hosting dan domain yang mana membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  • Dikerjakan Sendiri

Semua hal yang ada pada website harus dikerjakan sendiri, tiidak otomatis seperti media sosial. Mulai dari pemilihan desain, pengelolaan isinya, hingga pada keamanan dan kecepatan website.

  • Lebih Kompleks, Perlu Belajar

Penggunaan website tidak semudah penggunaan platform sosial media, sehingga perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk mempelajari bagaimana cara penggunaan dan pengelolaannya.

Sosmed vs Website, Lebih Efektif Mana Sih?

Nah, kalo udah tau kelebihan dan kekurangan masing-masing platform. Sekarang, waktunya kamu tentukan platform mana sih yang paling efektif antara Sosmed vs Website untuk awali bisnis rumahan?

Sebelum kamu memutuskan untu menggunakan sosial media atau website buat bisnismu. Penting buat mempertimbangkan tujuan bisnis, target audiens, dan sumber daya yang kamu punya. Idelanya kombinasi dari kedua platform ini bisa memberikan manfaat yang maksimal buat bisnis.

Baca juga  Ayo Mulai Bisnis Online-mu Sekarang!

Di bawah ini adalah pertimbangan buat bantu kamu membuat keputusan :

  • Tujuan Bisnis

Coba tentukan tujuan apa yang ingin kamu capai dengan kehadiran online bisnismu. Kalo fokus utamanya adalah membangun merek dan reputasi bisnis, website jadi pilihan terbaik dan memberikan kepercayaan serta kontrol yang lebih besar. Namun, kalo ingin fokus pada interaksi sosial, keterlibatan customer, dan promosi produk, maka sosial media bisa menjadi pilihan yang efektif.

  • Target Audiens

Coba pelajari dan kebiasaan audiens-mu. Kalo audiens utama lebih aktif di sosial media tertentu, maka fokuslah ke sosial media tersebut yang bakal kasih hasil yang lebih baik buat bisnismu. Namun, kalo target audiens lebih suka cari informasi lewat mesin pencari atau cenderung kunjungi website maka website akan lebih efektif buat bisnismu.

Kesimpulan

Jadi, kalo ditanya sosmed vs website, mana sih platform efektif untuk mengawali bisnis rumahan? Jawabannya adalah: Keduanya!

Ya, opsi terbaik adalah dengan menggunakan keduanya, karena keduanya saling melengkapi. Sosial media mampu menutupi kekurangan website, dan website juga mampu menutupi kekurangan sosial media. Tapi, kalo kamu mau coba salah satu dulu gak ada salahnya kok!

Penjelasan di atas bisa jadi pertimbangan untuk memulai bisnis rumahanmu. Baik website ataupun sosial media punya hal baik dan kurangnya masing-masing, jadi diantara kedua platform ini mana kira-kira cocok sama bisnismu?

Kabar baiknya, sekarang kamu bisa dengan mudah bikin website bisnismu sendiri. Kamu bisa gunakan layanan di Menjadi pengaruh buat bantu bikin website terbaik buat kembangin bisnismu loh! Klik disini untuk konsultasi gratis!

Buat kamu yang suka informasi seputar marketing, kamu bisa ikutin terus artikel dari Menjadi Pengaruh dan tunggu kelanjutan artikel lainnya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X