Notis Digital

Tips Pilih Influencer Tepat Buat Promosi Produk

Kamu tau gak kalo Indonesia jadi salah satu Negara berkembang yang punya pengguna sosial media terbanyak di dunia? Instagram, facebook, twitter dan sosial media lainnya bukan jadi hal yang asing. Banyaknya pengguna sosial media ini, banyak dipake perusahaan buat promosiin bisnisnya. Salah satu cara yang ampuh banget buat pasarin produk atau jasa di sosial media yakni menggunakan influencer.

Lalu, apa sih influencer itu? Gimana caranya pilih influencer yang tepat buat promosiin produk? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Apa itu Influencer?

Influencer adalah orang yang punya pengaruh dan kehadiran yang signifikan di media sosial maupun platform lainnya. Mereka punya kemampuan buat pengaruhi perilaku, preferensi, dan keputusan pembelian dari audiens mereka lewat konten yang dibagikan. Biasanya, influencer mempengaruhi audiens dengan cara membangun emosi dengan konten, sehingga audiensnya menganggap mereka sebagai inspirasi di bidang tertentu.

Mayoritas influencer menggunakan media sosial buat bagiin pengalaman pribadi, menawarkan saran, rekomendasiin produk/layanan, atau sekedar berinteraksi sama audiens mereka. Mereka juga kadang bekerja sama dengan brand tertentu buat promosiin produk/layanan lewat konten yang disponsori. Tapi, penting juga buat dicatat bahwa jadi influencer bawa tanggung jawab sehingga harus selalu bersikap transparan dan jujur, ikutinatura dan komunitas platform, dan pertimbangkan dampak sosial dan etika dalam konten yang mereka bagikan.

Di dunia digital marketing yang selalu berkembang, peran influencer makin penting buat bantu bangun kesadara merk, ningkatin keterlibatan audiens, dan mempengaruhi keputusan pembelian. Sehingga mereka dianggap punya pengaruh yang kuat terhadap audiens mereka. Biasanya yang disebut sebagai influencer ini bisa aktris, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya yang dipilih berdasarkan popularitas, keahlian, maupun reputasinya.

Baca juga  Website Penting Buat Bisnis Online?

Tips Pilih Influencer yang Tepat

Strategi marketing dengan menggunakan influencer punya pengaruh yang signifikan, jadi kamu jangan sampe salah pilih. Dibawah ini adalah tips pilih influencer buat promosiin bisnismu.

  • Jumlah followers

Jumlah followers jadi hal yang paling penting dalam pilih influencer. Semakin banyak followers maka semakin banyak audiens yang akan lihat produk/layanan kamu. Kamu juga perlu perhatikan, followersya emang asli atau fiktif? Kalo followernya fiktif, tentu aja gak akan ngaruh buat promosiin produkmu.

Pastiin kamu pilih influencer yang sesuai sama target audiensmu. Misalnya, followers influencer A adalah orang yang berusia 18-25 tahun. Nah, kalo cocok sama target audiensmu maka kamu bisa pertimbangkan influencer ini. Selain itu, kamu juga bisa cek minat audiensmu terhadap konten. Kalo audiensmu lebih suka konten video maka kamu juga harus cari influencer yang sering pake format video buat kontennya.

  • Presentase Engagement

Engagement adalah hubungan influencer  dengan followersnya. Buat liat engagement ini, caranya kamu lihat perbandingan jumlah likes dan komentar di setiap postingan yang dia update. Kalo influencer punya followers lebih dari satu juta tapi hanya dapat likes kurang dar 100 atau komentarnya Cuma dikit, maka kamu harus pertanyaan itu.

  • Relevansi Brand

Tips selanjutnya adalah keterkaitan brand. Maksudnya adalah pastikan influencer memiliki bidang yang sama dengan produk/layanan yang kamu jual. Caranya kamu bisa lihat isi konten yang sering di upload di 7 hari terakhir. Misalnya perusahaanmu bergerak di bidang kosmetik halal, maka kamu perlu cari influencer yang memakai hijab.

  • Cek Riwayat Feed

Kamu juga perlu tau bran apa aja sih yang pernah kerjasama dengan influencer yang akan kamu pilih. Dari sini kamu bisa pastiin gak ada competitor bisnismu, kamu juga harus perhatikan feed pribadinya. Kalo feed pribadi terlalu banyak, bisa dianggep spam. Jadi penting banget buat cek lagi riwayat feed dari influencer.

Kesimpulan

Itulah tips yang harus kamu perhatikan saat memilih influencer buat strategi marketing bisnismu. Gimana, udah siap buat cari influencer yang sesuai sama brand-mu?  Biar kegiatan marketing bisnismu lebih maksimal lagi, kamu bisa dapatkan berbagai tips tentang dunia marketing dari Menjadi Pengaruh. Ikutin terus artikel selanjutnya, ya!

Baca juga  Brand Positioning Bikin Produkmu Unggul
Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X