Notis Digital

Tips Meningkatkan Brand Awareness Bisnismu

Kenapa sih kamu perlu brand awareness bisnismu? Kalo kamu belum tau, kamu bisa baca dulu Brand Awareness : Arti, Manfaat, dan Contoh ya! Kalo udah tau, sekarang kita akan bahas tentang cara meningkatkan Brand Awareness agar produkmu punya tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi.

Sebagai pemilik bisnis, kesadaran merek penting buat bantu meningkatkan omset bisnismu. Gak bisa sembarangan, ada 3 indikator yang perlu kamu penuhi. Sebelum memasuki pembahasan inti, kita simak dulu tolak ukur brand awareness bisa dikatakan berhasil dibawah ini ya!

Tolak Ukur Brand Awareness

  • Traffic

Traffic adalah seberapa banyak dan sering seseorang mengunjungi situs usahamu. Kunjungan ini bisa berasal dari jumlah klik yang menuju ke situs jualanmu, bisa dari media sosial maupun langsung menuju URL situsmu. Traffic jadi tolak ukur yang penting karena makin tinggi traffic situs usahamu, maka makin tinggi juga brand awareness yang memotivasi oranng-orang buat cari tau lebih banyak tentang merekmu.

  • Social Engagement

Social Engagement adalah seberapa banyak engagement yang muncul di media sosial jualanmu. Kamu bisa tau jangkauan pasar produkmu dari banyaknya angka interaksi yang kamu lakuin dengan audiens. Misalnya, kalo kamu pake media sosial instagram bisa lihat like, followers, dan comment.

  • Social Listening

Social Listening bisa dikatakan lanjutan dari social engagement. Tolak ukur ini dilakukan dengan melihat seberapa banyak orang melibatkan brand-mu pada media sosial mereka. Misalnya dengan melihat seberapa banyak orang tag akun jualanmu, atau seberapa banyak orang yang pake hashtag yang sama dengan tagline-mu, atau bisa juga dalam bentuk tag akun dalam sebuah komentar postingan lain.

Baca juga  Cara Cepat Masuk Explore Instagram

Terakhir adalah kamu bisa tau seberapa tinggi brand awareness produkmu lewat pencarian di google. Kamu bisa mencari tau dan lacak seberapa banyak orang yang search dan membicaraka brand-mu di internet.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

  • Bikin Logo dan Tagline Unik

Logo adalah komponen dasar dalam bisnis yang memiliki interaksi langsung dengan customer. Hal ini dikarenakan logo akan selalu muncul dalam kegiatan bisnis apapun itu. Oleh karena itu, bikin logo bisnismu eyacatching dan menarik biar mudah diingat oleh customer. Selain logo, tagline juga perlu diperhatikan karena dapat dikatakan sebagai represetasi dari brand-mu. Tagline yang menarik bisa memudahkan pasar buat kenalin produk atau brand-mu. Pilihlah tagline yang simpel dan relevan dengan keseharian customer, ya!

  • Buat Konten Menarik

Seiring dengan kemajuan teknologi sekarang, konten jadi hal penting yang diproduksi perusahaan untuk menjangkau dan berinteraksi dengan customer. Dalam bisnis, konten yang bisa dibuat bisa foto, infografik, video, atau lainnya tentang brand-mu. Sebuah konten punya kemungkinan memiliki koneksi otentik dengan pelanggannya sekaligus bisa meningkatkan brand awareness.

  • Kerjasama Sponsor

Kamu pernah liat acara yang dipenuhi banyak sponsor? Contohnya ada logo brand yag muncul di televise ketika kita nonton acara olahraga. Nah, itu juga salah satu taktik buat meningkatkan brand awareness. Sebuah brand mencari acara yang sesuai dengan target market kemudian jadi sponsor dengan timbal balik tertentu.

Kamu bisa manfaatin influencer buat meningkatkan brand awareness bisnismu. Kita bisa melakukan promosi melalui platform yang dimiliki influencer, sehingga kita bisa menjangkau massa yang lebih banyak dan sudah punya kepercayaan yang tinggi pada influencer. Ini juga bisa memudahkan penyampaian nilai-nilai dari brand.

Kesimpulan

Meningkatkan brand awareness gak bis dilakukan dengan waktu yang singkat, karena kesadaran pasar harus dipupuk secara konsisten. Berinvestasi dalam awareness adalah strategi yang dilakukan dalam jangka panjang. Tapi kalo kamu berhasil buat memenuhi itu, bakal banyak keuntungan yang didapetin termasuk customer yang loyal.

Baca juga  5 Tool Analytics untuk Instagram Gratis Terbaik di 2024

Untuk tau informasi bisnis dan seputar digital marketing lainnya, bisa klik disini ya!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X