Notis Digital

Tips Ampuh Optimasi Landing Page-mu

Pernah gak, ketika kamu lagi buka sosial media tiba-tiba muncul iklan yang membuatmu penasaran dan klik link yang ada? Kemudian muncul halaman dimana kamu bisa melihat katalog berbagai koleksi produk fashion, makanan, maupun registrasi untuk bergabung ke sebuah komunitas. Kamu dirayu untuk melakukan action terhadap perintah yang tertera di halaman itu. Dalam dunia digital marketing, hal tersebut dinamakan landing page. Nah, dibawah ini kita akan bahas sekilas tentang landing page, tipe, dan tips optimasi landing page yang kamu punya. Simak sampai selesai ya!

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman yang digunakan untuk tujuan tertentu, yakni mengarahkan customer melakukan aksi tertentu seperti membeli, memesan, ataupun mengisi formulir yang ditandai dengan adanya tombol call to action (CTA). Biasanya, landing page memberikan tawaran sebuah campaign dalam bentuk promo produk, product launching, kegiatan webinar, dan lain sebagainya. Landing page diciptakan untuk mendatangkan lebih banyak traffic dengan menggunakan banyak strategi. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah memaksimalkan penggunaan SEO agar landing page bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian sehingga bisa mendatangkan organic traffic.

Tipe Landing Page

Landing page biasanya ditujukan untuk kampanye marketing pada sebuah bisnis, berdasarkan fungsinya tipe landing page adalah sebagai berikut :

  • Lead Generation Landing Page

Tipe landing page ini biasanya digunakan untuk mengumpulkan data customel potensial (leads) yang dapat dihubungi sewaktu-waktu untuk melakukan penawaran produk/layanan bisnismu. Makin banyak data customer yang kamu dapet, maka makin tinggi juga tingkat konversi yang akan terjadi. Karakteristik landing page tipe ini biasanya singkat, to the point, dan menarik. Sebuah formulir memiliki peran yang besar dalam landing page ini dalam mengumpulkan data customer

  • Click-through Landing Page

Landing page dengan tipe ini sering digunakan untuk melakukan interaksi langsung dengan customer, biasanya memakai model marketing B2C. Tujuan landing page dengan tipe ini memiliki tujuan agar customer melakukan pembelian melalui website dengan memberikan beberapa informasi detail terkait produk. Karakteristik landing page tipe ini yakni mempunyai tombol sederhana yang mengarahkan customer untuk melakukan aksi, contohnya “Beli Sekarang” , “Daftar Segera” dan sebagainya.

Baca juga  Rahasia Mudah Dapetin Leads Potensial

Tips Optimasi Landing Page-mu

Pada beberapa bisnis meskipun sudah punya landing page, konversi bisa aja gak juga kunjung meningkat. Dalam kasus ini, dimungkinakan ada beberapa kesalahan yang mungkin masih dilakukan oleh pelaku usaha, misalnya penempatan CTA yang kurang efektif, belum mobile friendly, atau kata-kata yang masih bertele-tele. Nah, untuk menghindari kesalahan itu Menjadi Pengaruh punya tips yang bisa kamu lakukan buat optimasi landing page agar konversimu cepet naik.

  • Pilih headline yang menarik
  • Buatlah desain yang sederhana
  • Maksimalkan kecepatan landing page saat diakses
  • Pastikan landing page sudah mobile friendly
  • Maksimalkan Copywriting
  • Gunakan tombol Call to Action yang jelas
  • Berikan Social Proof
  • Cantumkan Contact Person
  • Terapkan Strategi SEO
  • lakukan A/B Testing

Kesimpulan

Landing page memiliki peran yang besar di dunia bisnis online karena dapat mempengaruhi keputusan customer untuk melakukan pembelian ataupun registrasi. Namun, dengan mempunyai landing page saja tentu masih belum cukup buat naikin omset bisnismu. Kamu perlu lakuin 10 cara optimasi  di atas agar landing page-mu bisa maksimal.

Kalo bisnismu belum punya landing page, jangan khawatir! Karena tim Menjadi Pengaruh siap bantu kamu bikin landing page, loh. Kami telah berpengalaman dalam pembuatan landing page maupun website, coba klik disini buat pilih paket atau konsultasi gratis!

Buat kamu yang suka informasi seputar marketing lainnya, kamu bisa ikutin terus artikel dari Menjadi Pengaruh dan tunggu kelanjutan artikel lainnya, ya!

Jangan lupa share artikel ini ke partner bisnismu!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X