Notis Digital

5 Faktor yang Mempengaruhi Traffic Website

Traffic website jadi salah satu indikator penting yang bisa menentukan bagus/nggak nya website bisnismu. Makin bagus traffic, makin efektif juga buat hasilkan konversi atau feedback yang kamu mau. Gak heran, banyak pemilik website yang berusaha menambah traffic pake berbagai cara. Ada banyak faktor penyebab yang menentukan tinggi rendahnya traffic website.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Traffic Website

Sebenarnya, meningkatkan traffic bukan perkara mudah dan sederhana, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi. Traffic website sendiri merupakan kumpulan jumlah orang yang berkunjung ke website kamu, jumlah halaman yang mereka lihat, dan jangka waktu rata-rata yang mereka habiskan selama datang ke website-mu.

Dari banyaknya faktor tersebut, ada beberapa faktor penyebab traffic rendah alias pengunjung kabur dari website bisnismu.  

Tampilan Website Kurang Menarik

Sering banget ditemui, tampilan website yang terlalu rame, banyak teks, warna, dan gambar yang justru bikin website kelihatan berantakan, gak rapi dan kurang menarik.

Akhirnya, pengunjung yang awalnya udah tertarik buat baca informasi di dalam website, justru jadi lost interest dan memilih buat kabur karena udah males duluan.

Kecepatan Loading

Pernah gak sih kamu klik URL suatu website, terus ternyata waktu loading-nya lumayan lama?

Kira-kira, kamu bakal nungguin atau udah pilih keluar dulu dari website itu? Pasti mayoritas dari kamu lebih pilih keluar website kan?

Baca juga  Website Penting Buat Bisnis Online?

Nah, sama! Pengunjung website-mu juga lebih memilih keluar daripada harus nunggu website-mu loading lama, meskipun cuma 1-2 menit.

Ada banyak hal yang bikin loading website-mu jadi lama, misalnya hosting website, penggunaan plugin yang terlalu banyak, image size terlalu besar, dll. Makanya, pastikan kamu evaluasi terus kecepatan loading dari website-mu ya!

Kualitas dan Frekuensi Upload Konten

Kualitas konten juga sangat mempengaruhi tinggi rendahnya traffic website-mu. Makin berkualitas konten yang kamu buat, makin besar juga peluang buat kamu bisa ada di urutan pertama pencarian Google. Konten yang berkualitas juga bisa bantu naikin trust atau kepercayaan audiens sama bisnis dan website-mu.

Jangan lupa buat rutin upload konten yang kamu buat. Jangan sampe website-mu jadi penuh sarang laba-laba, alias udah usang gara-gara lama gak upload konten.

Belum Melakukan Optimisasi SEO

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization jadi salah satu teknik buat optimisasi website yang tujuan utamanya memudahkan mesin pencari seperti Google bisa menemukan dan menempatkan website bisnismu di halaman pertama sesuai keyword yang ditentukan.

Optimisasi SEO ini memungkinkan website-mu dapet traffic lebih banyak yang akhirnya bisa efektif menghasilkan banyak konversi juga.

Tampilan Belum Mobile Friendly

Inget, website-mu bakal diakses audiens dari HP ataupun dekstop komputer mereka. Makanya, kamu wajib pastikan tampilan website-mu bisa diakses mereka dari manapun.

Kesimpulannya

Ada banyak faktor yang mempengaruhi traffic website, salah satunya 5 faktor yang udah dijelasin di atas.

Baca juga  Perbedaan Mendasar Landing Page vs Website
Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X