Notis Digital

Sekilas Tentang Facebook/Instagram Ads

Paids advertising atau iklan digital berbayar jadi salah satu cara efektif buat pengusaha pasarkan produknya lewat digital. Perlu diketahui, ada banyak jenis iklan digital. Nah, kalo kemaren kita udah bahas alasan kenapa harus beralih ke iklan online atau iklan digital, kali ini admin Menjadi Pengaruh bakal kasih sedikit penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Facebook/Instagram Ads.

Facebook dan Instagram jadi dua platform yang paling familiar untuk semua kalangan. Gak heran, kalo dilihat dari penggunanya aja, kedua platform ini punya 2 miliar lebih pengguna di dunia, dan 100 juta lebih di Indonesia. Makanya, dua platform ini sering disebut ladang cuan buat kita para pengusaha naikin penjualan. Adanya fitur Facebook/Instagram Ads juga jadi wadah yang ideal buat beriklan dan promosikan produk. Kira-kira, apa sih kelebihan dan kekurangan dari iklan ini?

6 Kelebihan Facebook/Instagram Ads

  • Jangkauan Iklan yang Luas

Miliaran pengguna Facebook dan Instagram jadi salah satu kelebihan iklan ini. Kalo kamu pengen lebih mudah menjangkau target audiens dengan tepat dan luas, iklan ini jadi opsi yang cocok buat kamu.

  • Target Iklan yang Spesifik

Facebook dan Instagram Ads memudahkan kamu untuk menargetkan audiens atau mengelompokkan target market dengan mudah yang berpengaruh ke efektivitas iklan untuk menjangkau target market yang tepat. Di sini, kamu bisa mengelompokkan target market-mu dari usia, minat, hobi, demografis, gender, dll secara detail dan spefisik.

  • Budget Iklan Terjangkau

Budget iklan di sini bisa dibilang lebih murah kalo dibandingin sama iklan konvensional. Gak cuma itu, di Facebook Ads ada pilihan atau opsi anggaran, misalnya CPC (biaya per klik), CPM (biaya per ribu tayangan), dll yang bisa kamu pilih sesuai sama tujuan iklan.

  • Format Iklan Variatif
Baca juga  Kesalahan Beriklan di Facebook Ads

Iklan ini menawarkan banyak format iklan yang bisa kamu pakai, misalnya iklan foto, vidio, tayangan produk, dan masih banyak lainnya. Format iklan yang bervariasi ini memungkinkan kamu untuk berkreasi membuat iklan yang menarik.

  • Fitur Analisis Data

Facebook/Instagram Ads juga kasih fitur analisis data yang sangat kuat. Kamu bisa melacak kinerja iklan, efektivitas iklan dan reaksi audiens dari fitur analisis yang sudah disediakan.

  • Mobile Friendly Ads

Iklan di Facebook dan Instagram cocok dipakai di gadget apapun, mau itu tampilan di HP atau dekstop, semua tampilan iklan bisa tetap muncul dengan menarik.

Nah, sebelum kamu memutuskan buat beriklan di sini, kamu bisa pahami juga kekurangan dari Facebook/Instagram Ads.

Kekurangan Iklan di Facebook dan Instagram

  • Persaingan yang ketat. Banyaknya pengusaha yang pakai iklan ini bikin biaya iklan harus lebih mahal dan kadang-kadang sulit buat menonjol di antara semua iklan lainnya.
  • Privasi data pelanggan. Udah gak asing kan kamu sama berita tentang kebijakan privasi data Facebook yang kontroversial? Iya, katanya Facebook bisa mengakses data penggunanya. Nah, hal ini bisa memengaruhi cara kamu menargetkan audiens dan membuat strategi iklan.
  • Perubahan algoritma yang sering dilakukan Facebook bikin kinerja iklan jadi menurun. Kamu harus selalu punya strategi iklan yang sesuai sama perubahan algoritma terbaru.
  • Adanya ads blocker. Banyaknya iklan yang muncul di beranda audiens, bisa meningkatkan risiko pengguna jenuh sama iklan yang muncul. Akhirnya, mereka punya persepsi yang buruk juga sama iklan dan menggunakan ads blocker buat ngeblokir iklan biar gak muncul di akun mereka.
  • Kesulitan track minat audiens. Banyaknya pengguna Facebook yang gak menyebutkan minatnya dengan jelas bikin iklan di sini bisa salah sasaran ke target market yang minatnya gak sesuai.
Baca juga  Panduan Lengkap Cara Membuat Linktree Gratis Untuk Bio Instagram Kamu

Setelah tahu kekurangan dan kelebihannya, kamu tertarik gak sih buat nyobaik iklan di Facebook/Instagram?

Buat kamu yang tertarik, tim Menjadi Pengaruh secara khusus bakal bantu kamu set up iklanmu dengan tepat dan teliti. Biar gak boncos dan rugi, kamu wajib percayakan pengaturan iklan online-mu ke kami!

Tim kami juga terbuka untuk kamu yang pengen konsultasikan permasalahan marketing bisnismu. Jadi, jangan sampe ditunda lagi ya, udah waktunya bisnismu berkembang pesat di era digital sekarang!

Yuk, info lengkapnya bisa klik disini sekarang!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X