Notis Digital

Jualan di Facebook dan Instagram

Facebook dan Instagram jadi salah satu sosial media yang punya paling banyak pengguna di dunia. Selain jadi tempat hiburan dan bersosialisasi, banyaknya pengguna dari dua sosmed ini dimanfaatkan sebagai promosi untuk jualan online.

 Jualan di Facebook atau Instagram sudah menjadi tren yang mengubah gaya hidup masyarakat di era digital seperti sekarang. Selain lebih mudah untuk menawarkan produk, fitur-fitur dari kedua sosmed ini juga sangat membantu para pengusaha untuk berjualan. Terus, diantara Facebook dan Instagram, mana sih yang paling oke buat jualan?

             Buat kamu yang masih bingung, kamu bisa baca artikel ini sampe habis ya!

Kelebihan Jualan di Facebook

Ada sekitar 151 juta pengguna aktif Facebook di Indonesia dengan rata-rata umur 25-34 tahun dan 55% diantaranya laki-laki. Beberapa fitur dari Facebook yang bisa bantu jualanmu:

  • Kualitas Gambar dan Video

Kelebihan upload gambar di Facebook yaitu kualitas gambar yang tetap atau gak berubah. Tentunya, makin bagus kualitas gambar, makin suka juga konsumen buat ngelihat. Sama halnya dengan gambar, upload video di Facebook juga gak mempengaruhi kualitas asli video-nya. Bahkan, gak ada batasan durasi tertentu untuk video.

  • Fitur Facebook Fanpage

            Fitur ini bikin jualanmu makin kelihatan profesional. Gak cuma itu, kamu gak perlu takut konten jualan kecampur sama konten pribadimu. Nah, di Facebook Fanpage ini kamu bisa bebas update produk atau bisnismu, manfaat lainnya dari Facebook Fanpage ini bisa ngemudahin konsumen untuk cari informasi. Kelebihan Fanpage yaitu gak ada batasan jumlah fans, bisa muncul saat dilakukan pencarian oleh search engine, free tag dan muncul pada feed pembeli.

  • Facebook Marketplace

            Gak melulu harus disambungin ke e-commerce diluar, Facebook sediakan tempat buat kamu jual beli langsung tanpa keluar aplikasi. Kamu bisa dengan mudah bertransaksi di Facebook Marketplace ini.

Baca juga  Taktik Upselling, Strategi Dongkrak Penjualan Produk

Kelebihan Jualan di Instagram

  • Bisa Edit Gambar dan Video            

Instagram jadi sosmed dengan gambar sebagai konten utama, makanya gak heran kalo Instagram sediain editorial gambar yang dilengkapi juga sama banyak filter. Selain gambar, kamu juga bisa edit filter, potong (cut) durasi videomu loh! Sayangnya, kualitas gambar sama video yang di-upload di Instagram bisa berubah.

  • Hashtag

            Fitur hashtag di Instagram bisa bantu kamu promosikan jualanmu lebih cepat. Selain membantu pengusaha buat promosikan produk, hashtag juga bantu konsumen nemuin produk lebih cepat dan sesuai sama yang mereka butuhkan.

  • Instastory

            Fitur ini bisa bantu kamu interaksi sama followers-mu. Kamu juga bisa edit gambar, masukin stiker dan teks di gambar/video yang mau di-upload.

Terus, Harus Pilih Facebook atau Instagram?

Dua-duanya oke dong!

Meskipun masing-masing punya kekurangan, kamu bisa kombinasikan kelebihan dari Facebook dan Instagram dengan sesuaikan target market dan strategi yang tepat untuk masing-masing sosmed tersebut.

Tertarik buat jualan di Facebook dan Instagram, tapi bingung harus mulai dari mana?

Ayo, konsultasi dulu aja sekarang! Layanan Menjadi Pengaruh hadir khusus buat bantu kamu dalam pemasaran digital di Facebook dan Instagram.

Klik disini buat info lengkapnya ya~

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X