Notis Digital

Cara Ampuh Luluhkan Target Market Gen Z

Salah satu tantangan marketing yaitu menentukan strategi yang tepat sasaran sesuai target market potensial. Nah, Gen Z diklaim jadi salah satu target pasar terbesar dalam marketing di masa kini setelah generasi millenial. Pasar yang didominasi oleh Gen Z tersebut mengharuskan kamu buat paham kira-kira strategi apa sih yang bisa menarik perhatian mereka.

Sebelum kita bahas strateginya, yuk kita pahami dulu apa yang dimaksud Gen Z!

Gen Z adalah mereka yang lahir di rentang tahun 1997-2012 dan sekarang berusia 8-23 tahun. Artinya, Gen Z jadi generasi yang akrab banget sama internet dan teknologi di masa kini.

Terus, kira-kira strategi apa ya yang tepat untuk Gen Z?

Menjadi Pengaruh udah siap kasih kamu rangkuman strateginya nih. Disimak sampai habis ya!

Strategi Pemasaran Target Market Gen Z

Inilah 5 strategi marketing yang wajib kamu coba untuk menarik perhatian target market Gen Z

Digital/Online Marketing

Kalo hari ini cara jualanmu masih pake cara konvensional, ya tentunya kamu gak bakal bisa menjangkau market Gen Z. Perlu diinget definisi sebelumnya dari Gen Z yaitu generasi yang udah akrab sama internet dan teknologi sejak mereka lahir. Jadi, strategi paling penting dan utama buat kamu bisa menjangkau target market Gen Z yaitu dengan beralih ke digital/online marketing.

Jual Pengalaman, bukan Hanya Produk

Sangking akrabnya Gen Z sama internet, sosial media, dan teknologi lainnya, mereka udah kebal sama yang namanya iklan hard selling ataupun soft selling. Gen Z cenderung mau hal lain yang lebih dari sekedar produk. Mereka mau punya pengalaman yang berbeda waktu menggunakan produk atau brand tertentu.

Baca juga  Panen Orderan Lewat Hashtag Instagram

Contohnya, pasti kamu gak asing kan sama youtuber Jerome Polin yang aktif membahas dunia pendidikan, matematika, dan kehidupan di Jepang. Jerome ini sering banget kasih cerita tentang up and down perjalanan hidupnya yang relate dan bikin Gen Z makin tertarik buat ikutin konten-kontennya.  Jadi, Gen Z bukan mau sekedar lihat konten, tapi mereka terinspirasi dari cerita-cerita Jerome itu sendiri.

Apapun Serba Mobile-Friendly

Gen  Z dikenal lengket banget sama yang namanya smartphone. Nah, strategi marketing yang tepat yaitu kamu wajib mengupayakan semua media promosimu bisa diakses secara mudah cuma dari mobile atau smartphone mereka.

Optimasi Media Sosial yang Menarik

Media sosial jadi salah satu platform tempat Gen Z banyak kumpul. Semua informasi, edukasi bahkan tips yang mereka dapatkan itu berawal dari media sosial. Makanya, penting banget buat kamu optimasi dan bangun media sosialmu dengan menarik untuk mendapatkan perhatian mereka.

Manfaatkan Influencer

Jasa influencer jadi salah satu strategi marketing yang bisa kamu coba buat menarik perhatian Gen Z. Influencer yang familier dengan mereka bisa bantu Gen Z jadi terhubung sama brand atau produk yang kamu tawarkan.

Kamu bisa coba manfaatkan influencer dari level mikro atau mereka yang punya followers antara 1.000 – 100.000.

Nah, itulah beberapa strategi marketing yang wajib kamu praktekin buat meluluhkan target market Gen Z.

Kalo kamu udah praktekin semua cara di atas belum?

Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen bisnismu ya!

Tetep ikutin terus artikel dan info lain seputar digital marketing dari website Menjadi Pengaruh!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X