Notis Digital

Domain .COM dan .ID, Pilih yang Mana?

Domain jadi alamat website yang unik dan berbeda buat setiap situs web yang ada di internet. Dari banyaknya jenis domain yang ada, domain .COM dan .ID jadi domain yang paling terkenal di Indonesia. Meskipun kelihatannya punya fungsi yang sama, faktanya dua domain ini punya perbedaan yang penting, loh! Apa sih perbedaan domain .COM dan .ID?

Kali ini, tim Menjadi Pengaruh bakal jelasin secara detail khusus buat kamu yang belum paham. Yuk, simak artikelnya sampai habis ya!

Domain .COM

Domain .COM termasuk dalam kategori Top Level Domain (TLD) yang dikenalkan pada tahun 1985. Meskipun domain ini bisa dipakai tanpa batasan, dulunya domain ini singkatan dari commercial yang khusus diperuntukkan buat perusahaan komersial, misalnya toko online ataupun perusahaan. Tapi, untuk sekarang domain ini bisa dipake buat siapapun termasuk non komersial.

Domain .ID

Domain .ID termasuk top domain kode negara (ccTLD) yang dikenalkan pada tahun 1993 dan ditujukan khusus buat semua situs web yang ada di Indonesia. Domain ini bisa bantu kamu lebih cepat buat akses semua situs web nasional. Penggunaan domain ini bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan customer di dalam maupun luar negeri. Biasanya, domain ini dipake sama organisasi pemerintah, lembaga resmi ataupun situs web profesional.

Apa Sih Perbedaan Domain .COM dan .ID?

Meskipun kelihatannya sama, dua domain ini punya beberapa perbedaan. Ini beberapa perbedaannya:

  • Cakupan Domain

Domain .COM punya cakupan yang luas, global, universal dan dikelola sama lembaga internasional yaitu Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Baca juga  Website vs Landing Page, Apa Sih Bedanya?

Beda sama domain .ID yang cakupannya khusus di wilayah Indonesia aja. Domain ini dikelola sama lembaga nasional yaitu Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

  • Hak Kepemilikan

Cakupan domain yang luas dan global bikin domain .COM bisa bebas dimiliki semua orang di dunia. Beda sama domain .ID yang cuma bisa dipake sama Warga Negara Indonesia dan khusus untuk perusahaan atau lembaga pemerintah yang resmi.

  • Cara Registrasi

Domain .COM bisa kamu beli dimanapun dan kapanpun kamu mau dengan cukup terjangkau. Gak cuma itu, cara registrasinya juga lebih mudah dibandingkan dengan domain .ID

Domain .ID cenderung lebih rumit, gak bisa sembarangan dibeli dan harganya lebih mahal.

Itulah beberapa perbedaan domain .COM dan .ID yang harus kamu pahami sebelum beli website buat bisnismu. Gimana, mudah dipahami kan?  

Ayo buat website dan daftarkan domain .COM bisnismu dengan mudah sekarang!

Klik disini untuk konsultasi! 😊

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X