Notis Digital

Perbedaan Marketing dan Selling dalam Bisnis

Marketing dan selling menjadi dua hal yang krusial dalam berbisnis. Sayangnya, banyak pengusaha masih mengira kalo dua hal ini punya arti dan tujuan yang sama. Padahal, kedua bidang ini punya perbedaan yang signifikan, loh!

Nah, sebelum kita bahas perbedaan keduanya, yuk kita bahas dulu apa definisi dari masing-masing bidang ini!

Baca sampai habis biar kamu paham ya!

Apa itu Marketing?

Marketing adalah semua proses kegiatan pemasaran dari perusahaan yang mencakup penentuan harga, distribusi dan bagaimana perusahaan kasih promo yang menarik sesuai target sasaran.

Gak cuma itu, proses marketing juga menekankan pada upaya penjual memenuhi permintaan produk pasar. Marketing punya aspek yang lebih luas dibandingkan selling, mulai dari penetapan strategi pemasaran online dan offline, branding perusahaan, manajemen media sosial, dan lain-lainnya.

Terus, Apa itu Selling?

Beda sama marketing, selling jadi proses yang fokusnya membujuk dan meyakinkan calon konsumen buat beli produk perusahaan. Kegiatan selling lebih fokus sama hasil yang diperoleh. Misalnya, jumlah produk yang dijual dan target penjualan. Seorang seller harus punya skill dalam berjualan, misalnya mempengaruhi calon konsumen, komunikasi dan persuasi.

Perbedaan Marketing dan selling

  1. Proses
    Marketing berfokus pada produk, gimana caranya hasilkan produk yang bisa penuhi permintaan pasar. Sementara selling fokus cari cara buat menjual produk-produk perusahaan dan menetapkan target yang sesuai.
  2. Tujuan
    Marketing punya tujuan yang lebih kompleks, gak cuma seputar produk, marketing juga punya tujuan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan ke konsumen.
  3. Waktu
    Strategi marketing memiliki dampak jangka panjang jika dibandingkan sama selling. Marketing fokus mengembangkan identitas brand, edukasi, dan meningkatkan brand awareness dari perusahaan. Sementara selling hanya fokus di kegiatan jangka pendek, yaitu gimana produk bisa terjual dan dapat keuntungan.
Baca juga  Cara Riset Keyword Paling Jitu Buat Brand-mu

Itulah beberapa perbedaan dari marketing dan selling. Kesimpulannya, meskipun sekilas kelihatan sama, faktanya dua bidang itu memiliki perbedaan yang signifikan. Penting buat kamu para pengusaha untuk paham supaya bisnismu makin berkembang!

Tertarik mengembangkan bisnismu lewat strategi digital marketing?

Konsultasi disini sekarang!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X