Notis Digital

Stop Perang Harga!

Perang harga jadi salah satu fenomena yang udah gak asing lagi dalam dunia bisnis. Yap! Semua pengusaha pasti berlomba-lomba untuk dapetin hati konsumen. Strategi perang harga ini dianggap jadi salah satu magnet yang bisa menarik perhatian calon konsumen buat naikin omset.

Meskipun dinilai bisa kasih feedback yang menarik, sayangnya strategi ini juga bisa jadi bumerang buat bisnismu loh! Apalagi kalo kamu tawarkan harga murah, tapi gak dilengkapi strategi matang untuk kedepannya.

Apa Sih Perang Harga Itu?

Kompetisi yang dilakukan antar pelaku usaha/bisnis buat menurunkan harga produk semurah-murahnya.

Tujuan utamanya untuk menarik perhatian dari target market dan akhirnya bisnis kita jadi leader market-nya.

Memang sih bisa menarik perhatian mereka, tapi perang harga juga berdampak buruk buat kondisi bisnis kedepannya. Gak cuma itu, buat sebagian konsumen, harga murah juga bisa bikin mereka ragu dan gak percaya sama kualitas produk/layanan kita loh!

Beberapa Penyebab Perang Harga

  • Pasar kompetitif, banyak persaingan brand dan perusahaan yang menawarkan produk sama.
  • Perang harga dianggap jadi solusi menaikkan omset perusahaan dengan menarik banyak konsumen baru.
  • Perusahaan mau memperluas pangsa pasar.

3 Cara Bikin Produkmu Tetap Bertahan

Meskipun banyak perusahaan yang pasang harga murah-murahan, kamu juga bisa kok tetep eksis dengan hargamu yang sekarang. Asalkan, kamu udah riset harga yang pas biar hargamu gak terlalu mahal atau terlalu murah. Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Kasih Value Lebih

Jangan minder buat kasih harga yang lebih mahal, asalkan kualitas yang kamu tawarkan juga bisa bikin konsumen puas. Konsumen juga bisa menilai kok, mereka juga bakal pikir-pikir lagi buat milih produk yang murah, tapi kualitasnya juga rendahan. Kamu bisa pikirkan kira-kira value apa yang bisa kamu kasih ke konsumenmu biar mereka seneng.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Google Ads

Menambah kreatifitas dan inovasi produk jadi salah satu cara yang bisa kamu coba buat menghadapi persaingan harga. Inovasi ini nantinya bisa bikin produkmu punya daya tarik tersendiri di mata konsumen. Inovasi yang bisa kamu coba misalnya upgrade kemasan, bundling paket, menu produk yang baru, dll.

  • Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Jangan fokus sama konsumen baru terus! Konsumen lama juga wajib kamu perhatiin. Salah satunya dengan jaga hubungan sama mereka. Menjaga hubungan baik jadi cara yang bisa bikin konsumen makin loyal. Kamu bisa tetap berinteraksi dengan mereka pake beberapa cara, misalnya kasih informasi yang update terkait produkmu, berinteraksi di sosmed, dll.

Kesimpulannya..

Jangan asal pasang harga murah-murahan, kalo kamu belum pikirin strategi kedepannya mau apa dan gimana. Pastikan kamu riset dulu secara mendalam sebelum terapkan strategi ini ya!

Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen bisnismu!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X