Notis Digital

Naikin Omset Pake Copywriting AIDA

Dalam pemasaran digital, copywriting jadi salah satu elemen penting untuk meningkatkan minat dan ketertarikan audiens buat beli produk kita. Copywriting sendiri jadi teknis penulisan yang disusun khusus untuk meningkatkan penjualan. Penyusunan tulisan yang ada juga butuh banyak teknik, kreativitas dan pertimbangan. Ada banyak teknik copywriting yang dipakai dalam marketing, salah satunya teknik copywriting AIDA.

Teknik AIDA ini bukan teknik baru, melainkan teknik lama yang memang udah banyak digunakan karena formulanya yang mudah dan mampu menarik minat audiens untuk beli. Sesuai namanya, teknik AIDA terdiri dari empat elemen, yaitu Attention, Interest, Desire, dan Action. Keempat elemen ini jika dipahami baik-baik bakal menghasilkan konten yang menarik.

Nah, kali ini, tim Menjadi Pengaruh bakal jelasin lebih detail-nya tentang teknik copywriting AIDA yang bisa mendongkrak omset penjualanmu. Yuk, simak sampai habis buat penggunaannya!

4 Elemen Teknik Copywriting AIDA

  • Attention (Perhatian)

Elemen ini menjadi elemen yang paling penting untuk keseluruhan konten yang kamu buat. Beberapa penelitian, menyebutkan kalau rata-rata audiens butuh 8 detik untuk memutuskan melihat suatu konten sampai habis.

Nah, sesuai namanya, pada tahap pertama ini, kamu harus bisa mendapatkan perhatian dari audiens dengan cepat. Caranya, kamu perlu betul-betul paham sama target market yang mau kamu jangkau, baik itu karakteristik ataupun behaviour (sikap) mereka. Kamu bisa pahami mereka dari usia, jenis kelamin, demografi, lokasi, dan minat mereka untuk berbelanja.

Kalau sudah paham tentang target market-mu, kamu bisa tulis kalimat yang menarik perhatian mereka. Kamu bisa tulis masalah yang mereka alami, rasa sakit (pain), ataupun keinginan target market yang nantinya kamu bisa kasih lewat produkmu.

Baca juga  15 Aplikasi Voice Recorder Gratis Terbaik untuk iPhone dan Android di 2024

Contoh kalimat attention:

  1. Beli hijab mahal-mahal, nyatanya pas dipake tetep mleyot seharian?
  2. Mau gedein omset jualan, tapi gak ngerti caranya ngiklan?
  • Interest (Ketertarikan)

Kalo kamu udah dapet perhatian audiens, di tahap kedua ini, kamu harus dapetin ketertarikan audiens sesuai minat dan karakteristik masalah yang mereka hadapi. Beberapa poin yang bisa kamu tuliskan di bagian interest ini misalnya informasi detail dari produk, data-data yang mendukung, benefit produk atau kasus tertentu.

Contoh kalimat interest:

  1. Faktanya, hijab dari Khaleesa Scarf terbuat dari bahan berkualitas yang dijamin gak bakal mleyot meskipun dipake seharian.
  2. Iklan digital emang jadi cara efektif buat naikin penjualan. Sayangnya, butuh tim ahli yang bisa setting strategi biar hasil iklan jadi maksimal.

Nah, Kalo Udah Berhasil, Langkah Selanjutnya Yaitu…

  • Desire (Keinginan)

Setelah berhasil membuat audiens tertarik, kamu harus bisa meyakinkan mereka kalo produkmu bisa jadi solusi terbaik permasalahan mereka. Caranya, tulis benefit yang bakal mereka dapatkan kalo pake produkmu. Tulis detail manfaat atau keunggulan dari produk yang kamu tawarkan.

Contoh kalimat desire:

  1. Gak perlu repot-repot touch up dan benerin kerudung. Pake hijab Khaleesa Scarf bakal bantu kamu tampil cantik di tiap aktivitas.
  2. Layanan kami hadir khusus buat bantu kamu set iklan dengan tepat dan tingkatkan penjualan. Terbukti dari 100 klien yang telah merasakan naiknya orderan.
  • Action (Tindakan)

Bagian terakhir ini jadi bagian yang paling krusial, dimana kamu harus mendorong audiens buat segera ambil tindakan sesuai yang kamu mau. Misalnya, arahkan audiens buat klik tombol untuk isi formulir, pesan produk, download file atau aksi lainnya.

Nah, biar kamu dapat aksi audiens yang sesuai, kamu harus tulis kalimat Call to Action (CTA) yang tepat dan persuasif, sehingga audiens merasa harus cepet-cepet beli.

Baca juga  10 Video Compressor Terbaik untuk Windows dan Mac pada tahun 2024

Contoh kalimat action:

  1. Dapatkan diskon 50% untuk periode pembelian 1-4 April 2023. Check out sekarang ya!
  2. Sudah waktunya kamu beralih ke iklan online dan dapatkan lebih banyak pelanggan !

Meskipun kelihatannya cuma nulis-nulis doang, tapi pilihan kata dan susunannya sangat berpengaruh ke suksesnya konten dan closing penjualan, loh!

Nah, biar copywriting-mu makin oke, kamu bisa terus latian dan simak tips-tips dari Menjadi Pengaruh di postingan selanjutnya ya! Lebih lengkapnya, kamu bisa follow Instagram kami disini!

Share ke temen-temen bisnismu kalo bermanfaat!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X