Notis Digital

Teknik Copywriting PAS Buat Bisnismu!

Teknik copywriting jadi salah satu unsur penting yang harus diperhatikan dalam dunia marketing. Copywriting yang nendang bakal nentuin besar kecilnya peluang produkmu terjual. Ada beberapa teknik copywriting, salah satunya teknik copywriting PAS yang cocok dicoba sama kamu para pemula.

Nah, kali ini Menjadi Pengaruh bakal bahas tuntas apa itu teknik copywriting PAS dan contohnya. Yuk, simak sampai habis artikelnya!

Apa Itu Teknik Copywriting PAS?

Sesuai namanya, rumus teknik PAS terdiri dari 3 unsur, yaitu problem (masalah), agitate (kecemasan) dan solution (solusi). Teknik copywriting ini cenderung lebih singkat dan mengena karena membahas masalah yang dialami target market. Sering kali, banyak orang lebih tertarik sama suatu masalah daripada manfaat produk. Nah, permasalahan ini yang bakal menarik perhatian mereka untuk baca iklan yang kita buat.

Kata Dan Kennedy, teknik ini efektif banget karena fokus sama masalah dari banyak orang yang bisa kamu kasih solusinya lewat brand-mu. Teknik PAS ini cocok buat kamu terapin waktu bikin landing page, flyer atau caption.

Problem, Agitate and Solution

Problem (Masalah)

Inti dari teknik copywriting ini, kamu harus tahu apa permasalahan audiens atau target market yang mau kamu bahas. Nantinya, sebuah brand bakal siapkan solusi yang tepat sesuai sama masalah yang dihadapi audiens. Kamu bisa riset pelanggan untuk cari tahu poin masalah apa yang lagi mereka rasakan sekarang. Gak harus masalah yang berat, kamu bisa cari masalah sepele yang jarang diperhatiin.

Agitate (Kecemasan)

Sayangnya, mendeskripsikan masalah aja gak cukup. Kamu harus bisa menyentuh sisi psikologis dari target market-mu. Intinya, pada poin agitasi ini, kamu harus pancing emosi pembaca, misalnya kamu jelasin kekecewaan atau kerepotan mereka gara-gara masalah yang mereka punya. Simpelnya, di tahap ini, kamu harus buat validasi atau memperdalam masalah yang mereka hadapi.

Baca juga  Cara Membuat Blogspot (Blogger.com) yang Menghasilkan Uang: Panduan Lengkap

Solution (Solusi)

Di tahap ini, kamu  bisa kasih solusi apa yang sesuai sama masalah target market. Makanya, mendeskripsikan masalah dan memperdalam rasa sakit audiens penting banget buat kamu lakukan biar solusi yang kamu tawarkan jadi jawaban yang menarik buat mereka.

Biar gak ribet, kita langsung masuk ke contoh, yuk!

Teknik CopywritingContoh 1 Contoh 2
ProblemKesel liat jilbabmu mleyot pas didepan doi padahal udah ditata rapi?Pusing mikirin konten sosmed sambil jalanin bisnis?
AgitateBikin gak pede terus gelisah seharian? 😫Konten gagal total, bisnis pun ikutan gak jalan 😭
SolutionPake jilbab Khaleesa aja! Anti mleyot seharian, bikin kamu pede dan cantik terus didepan doi!Pake jasa Menjadi Pengaruh aja sekarang! Gak khawatir lagi konten gagal total dan hasilin banyak cuan dari cara digital!

Kesimpulannya, di teknik PAS ini kamu bisa fokus masalah/keluhan pasar dan pancing emosi mereka biar cepet selesein masalahnya pake produkmu.

Gimana, udah siap buat coba?

Semoga bermanfaat!

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X