Notis Digital

tools seo gratis

10 Tools SEO Gratis Terbaik untuk Freelancer di 2024

Setiap freelancer yang sukses tahu bahwa dibutuhkan pemahaman menyeluruh tentang pasar, pesaing, dan pelanggan seseorang untuk secara konsisten memiliki pendapatan yang berkelanjutan, dan untuk mempertahankan keunggulan dalam perlombaan untuk mendapatkan bakat freelancer.

Dengan lebih dari separuh angkatan kerja AS beralih ke pekerjaan sampingan sebagai sumber pendapatan utama atau sekunder untuk membantu mengelola biaya hidup yang melonjak, dan diperkirakan terdapat 1,57 miliar freelancer di seluruh dunia, persaingan semakin ketat dan pasar freelancer menjadi jenuh. membuatnya lebih sulit untuk mengamankan pertunjukan dan menarik klien.

Inilah sebabnya mengapa setiap freelancer harus memiliki tools SEO di perangkat mereka, sehingga mereka dapat mengumpulkan data yang berguna untuk menginformasikan pengambilan keputusan mereka. Hal ini membantu dalam proses penting yang dihadapi freelancer sehari-hari, seperti mengetahui tag atau hashtag apa yang digunakan saat membuat konten, menilai tren pencarian untuk mengidentifikasi ide produk atau layanan baru, dan tetap relevan dalam percakapan saat ini untuk mempertahankan audiens mereka. (untuk merek pribadi mereka) dan pelanggan yang terlibat, di media sosial dan di situs web mereka.

— 5 Tools Gratis Riset Hashtag Instagram

Namun tentu saja, Anda memilih menjadi freelancer karena Anda hampir tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup, dan dengan lonjakan harga hipotek , uang menjadi lebih ketat dari sebelumnya. Jadi membayar paket SEO komprehensif seperti SEMrush mungkin bukan langkah pertama Anda, setidaknya tidak ketika Anda memulai dan mencoba meluncurkan usaha sampingan (atau usaha utama) dengan modal sesedikit mungkin.

Kabar baiknya adalah ada tools SEO gratis yang sama efektifnya—setidaknya pada awalnya—tergantung pada tujuan Anda menggunakannya.

Tapi pertama-tama, apa sebenarnya SEO itu dan mengapa itu penting?

Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

SEO berarti Search Engine Optimization, dan ini berarti halaman web dan konten Anda dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari, terutama yang paling populer seperti Google dan Bing.

Baca juga  Tips Jualan di Facebook Untuk Pemula

SEO adalah salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif dan paling penting, dan membantu Anda memposisikan merek pribadi Anda kepada ribuan, bahkan berpotensi jutaan pelanggan, setelah Anda belajar melakukannya dengan benar. Diperkirakan Google memproses 8,5 miliar pencarian setiap hari, dan menempati 92% pasar mesin pencari. Jadi, bahkan jika Anda memiliki kurang dari 1% pangsa pasar ini, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan banyak pekerjaan dan proyek bergaji tinggi sebagai freelancer jika Anda memanfaatkan kumpulan prospek potensial yang sangat besar ini.

Mengklaim posisi teratas halaman hasil pencarian Google yang didambakan setiap kali calon pelanggan mengetikkan kueri membutuhkan kerja keras, namun setelah Anda mengembangkan strategi SEO dan menggunakan alat untuk membantu Anda memahami data dan analitik di baliknya, Anda akan mulai melihat hasilnya.

— Optimasi SEO Penting Buat Bisnis Online-mu

Hasil ini dapat mencakup:

  • Peningkatan lalu lintas situs web—lebih banyak klik dan kunjungan yang dapat menghasilkan klien yang membayar
  • Peringkat yang baik secara konsisten meningkatkan visibilitas merek dan kredibilitas Anda sebagai freelancer
  • Prospek pra-kualifikasi, karena Anda akan menarik orang-orang yang sudah tertarik dengan apa yang Anda tawarkan
  • Keunggulan kompetitif dibandingkan freelancer lain dan bahkan perusahaan lain
  • Hemat biaya dan berkelanjutan untuk jangka panjang, tidak seperti iklan berbayar

Penelitian adalah kunci strategi SEO Anda sebagai freelancer. Ketika Anda memahami siapa basis pelanggan target Anda, di mana mereka berkumpul, dan apa yang mereka cari, Anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk muncul dalam hasil pencarian mereka di Google, atau di Etsy, misalnya.

Tools SEO Gratis Untuk Freelancer

Mari kita lihat 10 tools SEO gratis yang dapat Anda gunakan untuk data, penelitian, dan analitik guna memberi Anda wawasan berguna sebagai freelancer. Semua alat ini mendapat peringkat tinggi oleh situs ulasan teknologi seperti Trustpilot, Capterra, Product Review, G2, dan lainnya, dan banyak yang membanggakan paket/fitur gratis selamanya, uji coba gratis, dan opsi peningkatan berbayar. Beberapa juga memiliki fitur baru yang didukung oleh AI.

  1. Serpple
  2. Google Trends
  3. Google SearchConsole
  4. Google Analytics
  5. SimilarWeb
  6. RankWatch
  7. EtsyHunt (untuk riset SEO jika Anda menjual produk digital atau fisik di Etsy)
  8. Moz
  9. Keyword Surfer (oleh Surfer)—ekstensi Chrome gratis
  10. Keysearch (memiliki koleksi alat penelitian SEO gratis untuk Etsy, Amazon, eBay, dan lainnya)
Baca juga  7 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik

Strategi pemasaran media sosial, agen pemasaran digital, bisnis startup, promosi, E-commerce, konsep kampanye pemasaran media sosial online untuk ui, desain web, halaman arahan, spanduk web, aplikasi

— Email Marketing Untuk Bisnis Online-mu

Seperti halnya alat baru apa pun yang Anda gunakan untuk mengembangkan atau membangun usaha bisnis, kuncinya adalah mengevaluasi pro dan kontra dari masing-masing alat, bereksperimen, dan melihat apa yang terbaik untuk usaha lepas Anda. Anda mungkin memutuskan untuk tetap menggunakan satu alat, atau menggunakan kombinasi alat. Namun apapun keputusan Anda, hal terpenting untuk diingat adalah bahwa pada akhirnya, riset Anda terhadap pelanggan yang Anda layani adalah aspek paling mendasar untuk menjadi freelancer yang sukses. Ambil jalan pintas dengan ini, dan Anda tidak akan pernah menonjol dalam persaingan.

Bagikan ke social media:
WhatsApp
Facebook
X

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *